riau24 Diduga Ajak Warga Pilih Petahana, Seorang Camat Diproses Panwaslu | Berita Riau
Minggu, 23 April 2017

Pilkada Pekanbaru

Diduga Ajak Warga Pilih Petahana, Seorang Camat Diproses Panwaslu

0
Panwaslu
Berita Riau -  Diduga Ajak Warga Pilih Petahana, Seorang Camat Diproses Panwaslu
Pekanbaru, Riau24.com- Seoeang Camat inisial NS, di Pemerintahan Kota Pekanbaru diduga terlibat ikut kampanye untuk mendukung calon petahana Firdaus - Ayat Cahyadi.
 
"Ada satu kasus pelanggaran aparatur sipil negara (ASN) mendukung pasangan nomor tiga," kata Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Pekanbaru Yasrif Yacub Tambusai, Selasa, 14 Februari 2017. 
 
Yasrif mengatakan, pelanggaran tersebut dilaporkan oleh seorang warga bernama Saut Manik yang melihat NS ikut terlibat mengajak warga Tampan untuk memilih pasangan petahana Firdaus-Ayat Cahyadi. 
 
Panwaslu kata Yasrif, telah melakukan penyelidikan dugaan keterlibatan camat tersebut. Namun NS belum bersedia memenuhi panggilan Panwaslu untuk pemeriksaan lebih lanjut. 
 
"Beliau berhalangan hadir saat kami panggil," ujarnya. 
 
Selain keterlibatan camat dalam kampanye, Panwaslu juga masih menemukan beberapa pelanggaran pada masa tenang menjelang pemilihan Rabu, 14 Februari 2017. Panwaslu masih menemukan sejumlah alat peraga kampanye milik pasangan Destrayani Bibra-Said Usman Abdullah, Ramli Walid-Irvan Herman dan Herman Nazar-Deviwarman disejumlah ruang jalan di Pekanbaru. Bahkan ada yang berkampanye melalui media sosial dan beriklan di koran. 
 
"Masih terpasang alat peraga baru dimasa tenang dengan tagline pasangan calon," ujarnya. 
 
Panwaslu kata dia, terus melakukan penyelidikan terkait pelanggaran tersebut. Panwaslu menyerahkan persoalan hukum kepada polisi sebagai Tim Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu) untuk pelaku yang terbukti melanggar aturan Pilkada. 
 
"Kami himbau para simpatisan dan sponsor menjaga situasi kondusif, jangan memperkeruh suasana," ujarnya.
 
Pilwako Pekanbaru 2017 diikuti lima pasang calon kepala daerah. Dua pasangan dari jalur independen dan tiga dari jalur partai politik.
 
Adapun pasangan dari jalur independen yakni pasangan Syahri-Said Zuhrin dan pasangan Herman Nazar-Deviwarman. Sedangkan pasangan dari jalur partai, yakni pasangan Wali Kota Petahana Firdaus-Ayat Cahyadi yang diusung partai Demokrat, PKS dan Gerindra dan pasangan Ramli Walid-Irvan Herman yang diusung Partai Golkar, PKB, PAN, NasDem dan Hanura, serta pasangan Destrayani Bibra-Said Usman Abdullah yang diusung PDIP dan PPP. 
 
R24/Nof
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam