riau24 Menteri Pertanian Targetkan Rebut Ekspor Beras Malaysia dan Singapura | Berita Riau
Senin, 27 Februari 2017

Ekspor Padi

Menteri Pertanian Targetkan Rebut Ekspor Beras Malaysia dan Singapura

0
Menteri Pertanian Targetkan Rebut Ekspor Beras Malaysia dan Singapura
Berita Riau -  Menteri Pertanian Targetkan Rebut Ekspor Beras Malaysia dan Singapura
Pekanbaru, Riau24.comMenteri Pertanian RI, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah pusat akan menggenjot ekspor beras ke luar negeri, terutama di beberapa negara tetangga untuk mengejar target swasembada pangan yang ia canangkan dengan Presiden Joko Widodo.

Upaya tersebut dengan mendorong produksi padi di Indonesia yang memiliki potensi dan lumbung beras selama ini. Upaya intensif ini juga dilakukan pada daerah yang berbatasan langsung dengan negara lain seperti Riau.
 

"Riau memiliki potensi sebagai produsen beras. Salah satunya dari padi hasil produksi Kuala Kampar ini. Cukup dua jam sudah sampai ke Malaysia," ujar dia ketika memberikan sambutan dalam panen raya di Desa Sei Upih, Kecamatan Kuala Kumpar, Kabupaten Pelawan, hari ini, Jumat, 17 Februari 2017.
 

Amran bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman beserta jajaran pimpinan daerah setempat, selain melakukan panen raya, rombongan ini juga penanaman padi. Dia menargetkan bahwa dalam beberapa tahun mendatang, Indonesia bisa mengekspor beras ke Malaysia dan Singapura.
 

Amran menjelaskan, saat ini ada tiga kawasan yang ditargetkan mengekspor ke dua negara tersebut. Yakni Kepulauan Riau, Entikong, dan Pelalawan.
 

Baca Juga :
Hadiri Musrenbang Dikampungnya, Wabup Jamiludin Minta Usulan Desa Diprioritaskan
 

"Entikong (Kalbar) dan Pelalawan saat ini punya sekitar 50 ribu hektar, sedangkan Kepri 10 ribu hektar. Kalau mereka bisa tiga kali tanam per tahun, dengan panen 10 ton per hektar, setengah kebutuhan Malaysia bisa kita cukup," jelas Amran.

Malaysia dan Singapura, katanya menjadi pasar yang sangat strategis bagi Indonesia. Sebab, dibanding negara-negara pengekspor beras seperti Pakistan, Thailand, dan Vietnam, Indonesia punya kelebihan tersendiri.

"Karena kita punya daerah yang berdekatan. Ambil contoh Papua Nugini. Hanya cukup dilempar saja kita sudah bisa ekspor ke mereka. Bandingkan dengan Pakistan yang harus menempuh 11 jam untuk mengirim beras ke sana. Saya berharap kita bisa merebut pasar ekspor Malaysia dan Singapura," pungkas pria asal Makassar tersebut.

Dalam kesempatan itu, Amran juga memberikan sejumlah bantuan alat sistem pertanian (Alsintan). Di antaranya 20 traktor besar, 5 Combine Harvester (Alat Panen), dan 10 pompa.

Selain melakukan panen raya di Kecamatan Kuala Kampar, informasi yang didapat dari Humas Setdaprov Riau, Andi Rachman dan Amran juga bertandang ke Desa Sei Galuh, Lahan PTP V Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rombongan ini dijadwalkan akan menghadiri tanam perdana tumpang sari jagung dan kelapa sawit di sana.    (***)



R24/zdy 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam