riau24 Cegah PHK, Pemerintah Harus Tingkatkan Daya Tahan Perusahaan | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Cegah PHK, Pemerintah Harus Tingkatkan Daya Tahan Perusahaan

1
Massa buruh saat berunjuk rasa dengan berjalan menuju Istana Negara, Jakarta, 10 November 2014. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Berita Riau -  Cegah PHK, Pemerintah Harus Tingkatkan Daya Tahan Perusahaan

Jakarta-Riau24.com -- Partai Keadilan Sejahtera meminta perusahaan-perusahaan untuk menghindari pemecatan atau pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawannya meski situasi ekonomi sedang melambat. 

Untuk mencegah banyaknya PHK, PKS pun meminta pemerintah berperan aktif. “Perusahaan kan punya daya tahan sendiri. Begitu daya tahan itu jebol, mau-tak mau mereka harus mem-PHK pekerja. Tugas pemerintah adalah meningkatkan daya tahan perusahaan-perusahaan sehingga PHK tak terjadi,” kata Presiden PKS Sohibul Iman di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9).

Caranya, ujar anggota DPR itu, dalam jangka pendek pemerintah bisa berinovasi dengan memberi beragam insentif kepada perusahaan, misalnya insentif fiskal berupa pengurangan dan kemudahan pajak.

“Bisa insentif apa saja. Yang penting perusahaan punya daya tahan agar pegawainya tidak di-PHK. Model-model insentif itu sudah ada dalam pilihan kebijakan, tinggal pemerintah mau atau tidak melaksanakannya,” kata Sohibul.

Hal serupa sebelumnya dikatakan Ekonom Institute for Development of Economics and Finance, Enny Sri Hartati. Menurutnya, PHK buruh harus menjadi opsi terakhir yang diambil perusahaan selama masih ada alternatif lain sebagai solusi di tengah krisis.

Ia sepakat insentif atau stimulus perlu diberikan kepada pengusaha agar agar sektor riil bisa berjalan kembali, misalnya dengan merealisasikan kredit usaha rakyat dan memfasilitasi kredit ekspor yang dibarengi dengan pengawasan ketat.

“Kalau skema kredit programnya diperbaiki, baik mekanisme maupun transparansinya, ini akan menjadi exit policy untuk mencegah keterlambatan ekonomi dan potensi PHK massal,” kata Enny.

Salah satu kekhawatiran ribuan buruh dalam aksi demonstrasi mereka hari ini ialah meningkatnya PHK akibat melemahnya nilai Rupiah dan perlambatan ekonomi.

R24/noe/cnnindonesia 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 12 Juli 2017 01:55 wib
Menjadi pemenang Bersama Bolavita D8C363CA (NEW) http://i.imgur.com/A5oZI6Q.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru