riau24 Pertumbuhan Ekonomi 2016 Dibayangi Tiongkok | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pertumbuhan Ekonomi 2016 Dibayangi Tiongkok

0
Infrastruktur ANT/Sigid Kurniawan
Berita Riau -  Pertumbuhan Ekonomi 2016 Dibayangi Tiongkok

Manado-Riau24.com - Ekonom Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono, menuturkan perekonomian domestik pada tahun depan masih dibayangi oleh tekanan-tekanan eksternal, terutama tekanan akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi Tiongkok, sehingga kebijakan seperti hilirisasi industri dan perluasan pasar ekspor harus dipercepat.

"Gonjang-ganjing kurs dan penurunan pertumbuhan Tiongkok akan sangat berpengaruh kepada kita karena Tiongkok adalah mitra dagang utama kita," ujar dia Manado, Senin (14/9/2015).

Tony mengatakan bahwa sumber gejolak eksternal, termasuk tekanan dari Tiongkok, memang cukup dilematik karena imbas negatifnya sangat terasa. Di sisi lain, pemerintah hanya dapat berbuat maksimal dengan instrumen yang langsung dikendalikan oleh Pemerintah, seperti pemberlakuan kebijakan proinvestasi, optimalisasi penyerapan anggaran, dan konsistensi menjaga stabilitas pasar keuangan.

Ia juga mengingatkan bahwa kebijakan devaluasi yuan Tiongkok, bisa menstimulus ekspor negara Tirai Bambu tersebut, dan membuat pasar domestic makin dibanjiri produk Tiongkok.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Peter Jacobs menilai tekanan eksternal lain datang dari penurunan harga komoditas yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian regional.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, menurut Peter, daerah perlu menggencarkan hilirisasi industri untuk meningkatkan daya saing produk ekspor. Dia mengatakan pengolahan diterapakan untuk komoditas kelap sebagai hasil utama sektor pertanian di wilayah tersebut.

"Misalnya, produk kelapa jika diolah menjadi tepung kopra, nilainya akan naik 78 persen, atau minyak mentah, nilainya akan naik 76 persen," ujarnya. 

R24/noe/metrotvnews 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru