riau24 Pakai Sayap Kecil di Motor MotoGP, Bantu Sistem Kontrol Traksi | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pakai Sayap Kecil di Motor MotoGP, Bantu Sistem Kontrol Traksi

0
Sayap depan di motor Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi, dipakai di MotoGP Misano. Yamaha
Berita Riau -  Pakai Sayap Kecil di Motor MotoGP, Bantu Sistem Kontrol Traksi

Riau24.com - Sejak dulu, semua teknisi balap motor dan juga balap mobil, selalu mencari cara agar delivery tenaga ke roda berlangsung sempurna. Salah satu teknologi yang dibuat adalah pakai sistem kontrol traksi. Yaitu mengontrol pengiriman tenaga ke roda penggerak agar tidak berlebihan.

Efeknya bisa dirasakan, tarikan tenaga jadi lebih baik namun tidak membuat roda jadi selip karena over power. Namun mencari padanan delivery power ke roda dan tingkat grip bukan hanya berbicara tentang kesempurnaan sistem kontrol traksi itu sendiri. Teknologi level grip ban juga berbicara banyak dan yang paling terakhir adalah pendukung anti-wheelie yaitu sayap kecil.

Penggunaan sayap kecil di motor MotoGP, memang bukan pertama kali dilakukan oleh tim-tim balap di MotoGP saat ini. Lantaran teknologi tersebut sudah digunakan sejak tahun 1980-an. Namun yang menjadi poin utamanya, ternyata penggunaan fitur tersebut, dirasakan punya manfaat kendati kecil.

Ducati meletakkan sayap kecil di depan fairing bagian tengah 

"Memang efek yang diberikan oleh tambahan fitur sayap kecil di depan motor, itu sangat kecil. Jika dikonversi ke kecepatan dalam satu lap, pengaruhnya sangat kecil. Namun perubahan kecil kalau dalam balapan tentunya membawa efek besar jika mampu tampil konsisten. Makanya saya menggunakan sayap kecil ini," jelas Valentino Rossi tentang penggunaan sayap kecil di motornya di MotoGP Misano.

Bukan hanya Yamaha yang mengaplikasi fitur sayap kecil tersebut, namun tim Ducati juga sudah sangat sering menggunakannya. Hanya saja peletakan posisi sayap yang berbeda dari peletakan sayap di Yamaha YZR-M1. Kalau di Yamaha M1, posisinya tepat berada di bawah wind shield depan. Sementara di Desmosedici GP15, berada di bagian depan tengah fairing motor.

Cara kerjanya juga sama. Yaitu menekan bagian depan motor melalui daya tekan angin yang melalui sayap tersebut. Proses kerjanya sama persis dengan sayap belakang pada mobil. Yaitu untuk menjaga downforce roda penggerak agar mendapat grip yang cukup untuk berakselerasi.

Hanya saja untuk motor, fungsinya menjaga agar ban depan tidak terangkat. Dampaknya secara otomatis membuat ban belakang juga mendapat tekanan lebih besar sehingga delivery tenaga ke roda lebih baik. Tapi selisihnya memang sangat tipis dengan tanpa penggunaan sayap tersebut. 

R24/noe/metrotvnews 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru