riau24 Puluhan Desa di Yogjakarta akan Berpotensi Diterjang Tsunami | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Puluhan Desa di Yogjakarta akan Berpotensi Diterjang Tsunami

1
Ancaman Tsunami di Yogjakarta (Ilustrasi)
Berita Riau -  Puluhan Desa di Yogjakarta akan Berpotensi Diterjang Tsunami
 
Yogjakarta-Riau24.com- Setakat ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Yogjakarta, melakukan pemetaan sejumlah wilayah rawan diterjang tsunami. Jika terjadi gempa bumi yang berpotensi akan menyebab tsunami terdapat puluhan desa di 3 kabupaten di wilayah tersebut.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Yogjakarta, Heri Siswanto tegaskan, ada 33 desa berada di kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo itu akan terkena tsunami jika terjadi gempa bumi. "Totalnya itu sekitar 33 desa," kata Hari Siswanto.
 
Dijelaskannya, di Bantul terdapat 5 desa di 3 kecamatan yang akan terkena tsunami. Di Kulonprogo terdapat 10 desa yang tersebar di 3 kecamatan. Serta di Kabupaten Gunungkidul ada 18 desa tesebar di 6 kecamatan. Dengan asumsi terjadi gempa bumi 8 SR dan itu menimbulkan tsunami setinggi 11 meter.
 
"Tsunami ini akan mencapai 2-3 KM dari bibir pantai," sebut Heri pada workshop. 'Penguatan UPT BMKG dan BPBD Dalam Halnya Memahami Rantai Peringatannya Dini Tsunami, di kantor BMKG Yogjakarta, Senin (14/9).
 
Berdasar prediksi hasil kajian resiko bencana tahun 2012, jumlah korban bisa mencapai 100 ribu jiwa. Oleh karena itu di wilayah tersebut harus melakukan langkah-langkah kewaspadaan secara dini.
 
Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Masturyono mengatakan, adanya pertemuan lempeng Euro Asia dengan lempeng Samudera di selatan pulau Jawa menyebabkan potensi terjadinya gempa bumi. Dan pergerakan lempeng tersebut masih terus terjadi.
 
Lapisan lempeng ini bersifat elastis. Saat ini tidak apa-apa seperti terkunci. Namun ada akumulasi energi yang tertahan. Jika tidak kuat menahan energi yang menumpuk ini maka akan terjadi gempa bumi.
 
"Sampai saat ini belum bisa diprediksi kapan akan terjadi gempa. Tetapi potensi itu ada,"kata Masturyono.
 
Menurutnya, gempa bumi di selatan Jawa ini tidak terlalu besar magnitudonya. Tetapi berdampak menimbulkan tsunami. Gempa di selatan Jawa ini kadang-kadang juga tidak dirasakan dengan kuat, tetapi dampak tsunaminya yang besar. R24/dai/detik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 25 Oktober 2017 17:11 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/03OdNcZ.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru