Jumat, 25 April 2014
Di Shanghai Minyak Goreng Bekas Jadi BBM
0
foto R24.com
Di Shanghai Minyak Goreng Bekas Jadi BBM
Riau24.com--Minyak bumi hampir habis dan alternatif harus segera dipikirkan. Pemerintah Shanghai pun membuat terobosan dengan mengolah kembali minyak goreng bekas untuk menjadi bahan bakar.

Minyak goreng bekas yang biasa dibuang masyarakat menurut pemerintah Shanghai sebenarnya bisa diolah kembali menjadi bahan bakar. Pihak berwenang pun berharap penelitian terkait hal ini terus berjalan dan bahan bakar hasil pengolahan minyak goreng bekas untuk bus di Shanghai dalam dua tahun kedepan.

China Eastern Airlines bahkan sudah mengetes biofuel yang dibuat dari minyak goreng bekas pada 14 April lalu dan Airbus A320 berhasil terbang selama 1,5 jam tanpa masalah.

Pengolahan minyak goreng bekas menjadi BBM ini dilakukan karena adanya isu terkait minyak goreng bekas yang ada dibuang di selokan tapi dimanfaatkan oknum untuk dijual kembali.

Untuk itu, Komite Keamanan Pangan Kota Shanghai pun bekerja sama dengan Universitas Tongji dan enam perusahaan yang mengolah minyak goreng bekas menjadi biodiesel.

Namun, karena biaya untuk mengubah minyak goreng daur ulang menjadi BBM relatif tinggi, mereka yang menggunakan minyak nantinya akan menerima subsidi.

Profesor Tongji School of Automotive Studies Lou Diming yang telah memimpin penelitian selama tiga tahun terakhir mengatakan kalau sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengubah penerapan minyak goreng daur ulang untuk kendaraan menjadi kenyataan.

Dia juga mengklaim kalau timnya telah bereksperimen dengan menggunakan bahan bakar solar campuran pada lebih dari 300 taksi, bus dan truk.

"Di satu sisi, kami menekankan untuk memberantas para pengepul minyak ilegal. Di sisi lain, kita mencari cara yang ideal untuk menggunakan minyak daur ulang. Menggunakannya sebagai bahan bakar mobil adalah salah satunya," kata Direktur Komite Yan Zuqiang seperti di kutip dari China Daily, Sabtu (1/6).



(R24/Ar)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_xkfvl_660.jpg
Orang nomor satu di Provinsi Riau Anas Maamun, sebelum menjabat Gubernur Riau dirinya telah membuat suatu program dan berjanji untuk mensejahtrakan rakyat Riau, bahkan APBD Riau 2014 juga ingin dirubahnya karena Gubernur menilai tidak menyentuh rakyat.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com