riau24 BBKSDA Temukan Gajah Terbesar di Sumatera Yang Terluka Seberat 6 Ton | Berita Riau
Minggu, 30 April 2017

BBKSDA Riau

BBKSDA Temukan Gajah Terbesar di Sumatera Yang Terluka Seberat 6 Ton

0
Gajah liar yang tersesat di kebun warga sekitar SM Balai Raja, Bengkalis. Gajah ini diklaim merupakan gajah terbesar di Sumatera saat ini dengan berat 6 ton.
Berita Riau -  BBKSDA Temukan Gajah Terbesar di Sumatera Yang Terluka Seberat 6 Ton
Riau24.com, Bengkalis - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau melakukan upaya pengobatan pada seekor gajah sumatera yang ada di kebun milik warga, sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja, Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Bengkalis.

Gajah liar yang ditangani ini merupakan gajah jantan dengan rekor gajah terbesar yang pernah ditemukan di Sumatera, yakni seberat 6 ton. Gajah jantan ini terluka dibagian punggung dan paha sebelah kanan yang diindikasikan karena bertarung dengan gajah lain.

"Gajah ini merupakan gajah terbesar yang pernah saya temui dan saya lihat selama ini," kata dr Anhar Lubis, dokter yang menangani pengobatan gajah tersebut, Rabu, 19 April 2017.

Tim BBKSDA melakukan upaya pengobatan dengan metode mengendap dan mencari jejak gajah bersama pegiat lingkungan, Vesswik, Yayasan Rimba Satwa dan Hipam. Keduanya membantu dan mendampingi tim BBKSDA bahkan hingga larut malam.

Kabid Wilayah II BBKSDA Heru mengatakan jejak kaki, lintasan serta kotoran gajah menjadi petunjuk utama yang menuntun tim ini menemukan keberadaan gajah yang telah berumur 40 tahun ini.

"Gajah ini kemungkinan lari dari kawasan Giam Siak Kecil karena berkelahi dengan jantan lainnya di sana. Gajah ini sejauh kondisinya masih baik dan sehat saja. Nanti setelah sehat bakal mencari betina lain untuk dikawini," jelas Heru.

Tim gabungan ini melakukan pengejaran dan penyisiran lokasi gajah ini sejak Senin, 17 April 2017 lalu, pukul 16.00 wib. Pada waktu tersebut, tim sudah menemukan lokasi gajah. Namun karena sulitnya medan dan keberadaan sang gajah yang terus berpindah, penindakan medis harus ditunda.

"Tindakan medis baru dapat dilakukan setelah tim memantau kondisi benar benar aman yakni pada hari selasa sekitar pukul 20.00 wib dan selesai pada pukul 23.00 wib," tandas Heru.


R24/zdy

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam