riau24 Dinas LHK Menolak Disalahkan Atas Lambatnya Perhutanan Sosial di Riau | Berita Riau
Senin, 21 Agustus 2017

RTRW Riau

Dinas LHK Menolak Disalahkan Atas Lambatnya Perhutanan Sosial di Riau

0
Kordinator Koalisi Rakyat Riau (KKR) AZ Fachri Yasin
Berita Riau -  Dinas LHK Menolak Disalahkan Atas Lambatnya Perhutanan Sosial di Riau
Riau24.com, PekanbaruKepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau Yulwiriati Moesa menolak disalahkan atas lambatnya urusan tata kelola hutan dan lahan yang ada di Riau, seperti yang dituduhkan Koalisi Rakyat Riau (KRR).


Yul menampik, KRR menilai lambat kinerjanya disebabkan pemerintah sedang berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang berdampak langsung pada keberlanjutan lingkungan hidup di Riau.


"Kita hanya ingin berhati-hati supaya kesalahan yang sudah-sudah tidak terjadi lagi," kata Yul dalam diskusi Percepatan Perhutanan Sosial yang ditaja oleh KRR, Rabu, 19 April 2017.


Lanjutnya, masalah belum tuntasnya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau hingga kini, menjadi alasan lain dari Yul mengapa percepatan perhutanan sosial yang dicanangkan oleh Presiden RI Jokowi melalui Kementeria Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Koalisi Rakyat Riau (KKR) menuding pemerintah provinsi Riau lamban menyelesaikan tata kelola hutan dan lingkungan hidup di Riau. Hal ini mereka bandingkan provinsi tetangga, Sumatera Barat.


Kordinator KKR, A.Z Fachri Yasin, Riau bisa belajar banyak dari Provinsi Sumbar untuk mencapai kesejahteraan ekonomi dan sosial bagi masyarakat pedesaan terutama di kawasan hutan yang erat kaitannya dengan kemiskinan, pengangguran dan hak dalam mengelola kawasan hutan.


"Ada sembilan butir pembelajaran program perhutanan sosial yang telah diterapkan oleh Dinas Kehutanan Sumatera Barat," kata Fachri.


Butir tersebut di antaranya adalah terkait terjalinnya kerjasama yang erat dari Kementerian LHK ataupun dengan Pemerintah Daerah Sumatera Barat. Sinkronisasi kebijakan‎ Perhutanan Sosial (PS) yang Apik antara sektor kehutanan dengan non kehutanan, yang juga tidak terjadi di Riau.


R24/zdy

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru