riau24 Tim Pemeriksaan Mabes TNI AD Turun ke Lokasi TMMD | Berita Riau
Minggu, 30 April 2017

Kegiatan TNI

Tim Pemeriksaan Mabes TNI AD Turun ke Lokasi TMMD

0
Tim Pemeriksaan Mabes TNI AD Turun ke Lokasi TMMD
Berita Riau -  Tim Pemeriksaan Mabes TNI AD Turun ke Lokasi TMMD
Inhu, Riau24.com - Lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mendadak ramai didatangi sejumlah pejabat pada Rabu, 19 April 2017.

Pasalnya tim dari Mabes TNI AD turun ke lokasi operasi TMMD di Inhu dalam rangka pemeriksaan pekerjaan pembangunan yang dilakukan. 

Komandan Korem 031 Wirabima, Brigjen TNI Abdul Karim juga ikut hadir mendampingi tim dari Mabes TNI AD tersebut. Selain Danrem, Bupati Inhu Yopi Arianto, Wakil Bupati Inhu Khairizal, Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni, Kajari Inhu Supardi, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rengat Agus Akhyudi, serta sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Inhu juga ikut turun ke lokasi TMMD. Salah satu aspek penilaiannya adalah kebersamaan antara warga dan personil TNI.

Kolonel Kav. Abdul Rahman Made dari Inspektorat Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) datang ke Inhu sebagai Ketua Tim Pengawas dari Mabes TNI AD. Dia membawa dua orang perwira lainnya untuk melakukan pemeriksaan.

Baca Juga :
Jembatan Penghubung Antar Dusun di Desa Rambah Rohul Ambruk 


Sebelum turun ke lokasi, rombongan menyempatkan waktu singgah ke Markas Kodim 0302 Inhu di Rengat.

Selanjutnya, rombongan mendatangi Poskotis TMMD di Kelurahan Pematang Rebah, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu. Di Poskotis TMMD Inhu, Dandim 0302 Inhu, Letkol Inf Mujibburahman Hadi sempat melaksanakan seminar anti narkoba bersama sejumlah ormas di Inhu.


Lokasi pertama yang dikunjungi oleh rombongan adalah semenisasi jalan di Desa Tanah Datar di Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu. Di sana Rahman menemukan sejumlah warga yang ikut membantu prajurit melaksanakan semenisasi jalan. 

Sebagai prosedur pemeriksaan, Rahman menanyai sejumlah warga mengenai pekerjaan pembangunan jalan tersebut. Pertanyaan yang disampaikan juga tidak terlepas dari keluarga asuh prajurit TNI selama melaksanakan operasi TMMD. Pasalnya sejumlah pelaksanaan operasi, prajurit TNI tinggal bersama warga. Kata Rahman hal ini sudah menjadi ketentuan dari Mabes TNI AD.


Sehabis kunjungan di Desa Tanah Datar, tim pemeriksaan melanjutkan kunjungan ke Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu. Di sana Rahman mengecek pengerjaan pembukaan jalan sepanjang 1,8 kilometer dan juga drainase. Selain itu, Rahman juga menyempatkan bertanya kepada warga Suku Talang Mamak. Sekali lagi Rahman bertanya soal interaksi antara warga dan prajurit TNI AD yang menginap di lokasi tersebut.


"Kalau dulu, aturannya prajurit yang ditempatkan di balai desa atau dibangunkan tenda sendiri. Namun sekarang aturannya prajurit harus diinapkan di rumah warga," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Rahman menyampaikan tujuannya agar warga bisa berinteraksi dengan prajurit. Harapannya anak-anak warga juga bisa termotifasi menjadi anggota TNI. Bahkan dalam kesempatan itu, Rahman menyampaikan pasca pelaksanaan TMMD tuntas akan dipilih warga-warga yang menyediakan tempat tinggal bagi prajurit TNI selama pelaksanaan operasi. 

"Warga itu nantinya akan dibawa ke Mabes TNI AD," sebutnya.

Berdasarkan hasil kunjungan tersebut, Rahman mengakui bahwa kebersamaan antara warga dan prajurit TNI AD selama operasi TMMD di Inhu. "Saya mengakui kebersamaan antara warga, Pemda Inhu, dan TNI selama pelaksanaan operasi TMMD di Inhu terjaga dengan baik," ungkapnya.

Ketika ditanya soal proses pemeriksaan, Rahman mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut berlangsung mulai dari perencanaan, persiapan hingga penyelesaian. Walaupun demikian dirinya masih belum bisa menyebutkan hasilnya, sebelum pelaksanaan seluruh kegiatan tuntas hingga waktu pelaksanaan operasi berakhir. 

Meski begitu, ia juga berharap kepada warga agar pembangunan yang ada saat ini bisa ditingkatkan pada tahun depan. 

"Pembangunan yang ada ke depan harus ditingkatkan, misalnya saat ini jalan baru dibuka, tahun depan mungkin bisa diaspal, dua tahun mendatang jalan tersebut sudah diaspal," terangnya. 

Terpisah, Bupati Inhu, H. Yopi Arianto menyampaikan dirinya sangat mendukung pelaksanaan TMMD di Inhu. Bahkan Yopi berharap agar masing-masing desa bisa meniru pola pembangunan yang dilakukan di TMMD. 

"Saat ini desa sudah memiliki anggaran yang besar untuk melaksanakan pembangunan, mungkin nantinya desa bisa menggandeng TNI untuk pembangunan desa," ujarnya singkat.   (***)




R24/fer
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam