riau24 Curah Hujan Tinggi, Petani Cabe Dan Sayuran di Siak Terancam Gagal Panen | Berita Riau
Minggu, 30 April 2017

Gagal Panen

Curah Hujan Tinggi, Petani Cabe Dan Sayuran di Siak Terancam Gagal Panen

0
Curah Hujan Tinggi, Petani Cabe Dan Sayuran di Siak Terancam Gagal Panen
Berita Riau -  Curah Hujan Tinggi, Petani Cabe Dan Sayuran di Siak Terancam Gagal Panen
Siak, Riau24.comPuluhan hektare tanaman cabai dan sayur-sayuran di Desa Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang, Kabu­paten Siak, Riau terancam gagal panen karena hujan terus mengguyur daerah ini.

“Tantangan yang amat berat bagi petani saat cuaca hujan adalah sayur-mayur dan buah-buahan yang hendak panen bisa terancam gagal,” kata Ketua Kelompok Tani Desa Pinang Sebatang Barat Siak, Suryono, Jum'at 21 April 2017.

Dia mengatakan, beberapa tanaman yang hendak panen di wilayah tersebut di an­ta­ranya cabai, melon, bayam, dan lainnya meng­alami ma­salah akibat cuaca buruk beberapa hari terakhir.

"Selain terancam gagal panen, tanaman yang baru ditanam pun menjadi berma­salah," katanya seraya me­nun­jukkan tanaman pada lahannya.

Bahkan petani juga meng­alami kerugian karena sebe­lumnya membeli berbagai macam obat-obatan untuk menyehatkan tanaman. Jika terus hujan, ia takut petani yang mulai optimistis, ber­alih ke tanaman pangan dan horti­kultura

Dia berharap kondisi ini ada solusi dari pemerintah daerah baik dalam bentuk bantuan atau memotivasi kepada petani agar tidak putus asa.

"Saya cuma takut jika tidak ada solusi dari peme­rintah daerah, petani akan jera karena selalu gagal dan ditambah tidak ada solusinya. Sementara kami harus men­yiap­kan petani siap bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN," katanya lagi.

Menurutnya, petani harus ikut membantu program pe­merintah untuk mem­bangun sektor pertanian guna me­wujudkan ketahanan pangan. Untuk itu Pemda harus membangkitkan kembali semangat petani yang mulai kendor karena cemas meng­alami gagal panen.

“Kami takut kalau petani selalu gagal mereka akan kembali berkebun sawit dan pasti perambahan hutan dan pembakaran lahan terjadi lagi,” kata Suryono.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mulyanto Salah seorang petani cabe yang mengaku mengalami kerugian hingga jutaan rupiah lantaran ladang tempatnya menanam cabai terendam air ,lantaran curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini.

"Cabai yang saya tanam busuk semua. Tidak ada yang bisa saya panen kali ini karena ladangnya terendam air semua" ungkapnya dengan raut kecewa.    (***)



R24/lin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam