riau24 Masyarakat Pekanbaru Bakal Dapat Smart Card Dari Pemko | Berita Riau
Minggu, 30 April 2017

Pekanbaru

Masyarakat Pekanbaru Bakal Dapat Smart Card Dari Pemko

0
Firmansyah Eka Putra
Berita Riau -  Masyarakat Pekanbaru Bakal Dapat Smart Card Dari Pemko
Riau24.com- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra mengatakan Pemerintah Kota Pekanbaru akan menerbitkan smart card yang akan diberikan pada satu juta masyarakat Pekanbaru.


Eka menyebut, kartu itu nantinya berfungsi sebagai kartu pelayanan Pemko Pekanbaru kepada masyarakat. Smart card ini dapat digunakan sebagai pengganti uang cash dan penyimpanan data.


"Dengan smart card ini masyarakat tidak perlu lagi mengisi formulir. Cara penggunaannya, masyarakat hanya menempelkan kartunya saja dan nantinya semua data mereka akan langsung terdeteksi. Kartu ini juga berfungsi sebagai e-wallet atau dompet elektronil," ungkap Eka.


Eka mengatakan, akan ada tiga Organisasi Perangkat Daerah yang akan melaksanakan program smart card ini. Diantaranya, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan.


"Setiap dinas mempunyai fungsi yang berbeda dalam penggunaan smart card," ujar Eka.


Ia menjelaskan, seperti Dinas Kesehatan, selain untuk pelayanan kartu ini berfungsi untuk menyimpan data dan perkembangan kesehatan pasien. Lalu pada Dinas Pendidikan, smart card akan diterapkan smart school yang berfungsi sebagai absensi dan pembayaran di kantin sekolah. "Jadi melalui aplikasi orang tua akan bisa memantau anaknya di sekolah," jelasnya.


Lanjutnya, pada Dinas Perhubungan, smart cars akan diterapkan di Trans Metro Pekanbaru. "Jadi penumpang TMP hanya menggunakan smart card sebagai pengganti uang tunai," lanjutnya.


R24/uci

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam