Kamis, 31 Juli 2014
RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara Boleh, Asal...
0
RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara Boleh, Asal...
Jakarta, (Riau24) ----Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat sedang membahas Rancangan Undang-Undang Komponen Cadangan Pertahanan Negara. Namun, RUU tersebut menimbulkan polemik pro dan kontra di masyarakat.

RUU tentang Pertahanan Negara, termasuk di dalamnya Wajib Militer (Wamil), belum dianggap perlu. Namun, oleh yang pro dengan RUU tersebut, Wamil dipandang penting sebagai bentuk antispasi atas gangguan keamanan dari luar negeri yang datang secara tiba-tiba.

Ketua Komisi IX DPR, Ribka Tjiptaning, setuju dengan RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara, jika tujuannya untuk membela kepentingan dan pertahanan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, jika hanya untuk pengalihan isu dan menjaga kepentingan kapitalis, ia akan menolak dengan keras.

“Intinya, kalau untuk membela negara saya setuju. Saya belum lihat pasal per pasal, yang penting tujuannya. Saya setuju kalau untuk membela negara, tetapi jangan untuk kepentingan asing,” kata Ribka Tjiptaning, dalam perbincangan dengan Pro 3 RRI, Senin (3/6/2013).

Dalam RUU itu mengatur, di antaranya pada pasal 8 ayat 1 dan 2, bahwa pegawai negeri, buruh dan pekerja swasta, yang mengikuti Wajib Militer. Bagi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, jika hanya diperuntukan golongan tertentu, maka akan salah tujuan.

Alih-alih untuk memikirkan RUU itu, pemerintah lebih baik meningkatkan kesejahteraan buruh dan tentara, agar tidak dimanfaatkan pihak lain. Ia mencontohkan kasus perbudakan yang heboh di Tangerang, di mana ada anggota keamanan terlibat, padahal tugas mereka adalah melindungi masyarakat.

“Sudahlah, penuhi saja kesejahteraan buruh dan tentara. Kesejahteraan belum layak, maka rawan akan dipakai oleh pihak lain seperti di Freeport atau Newmont,” tegasnya. (R24/Ism/rri)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com