Jumat, 29 Agustus 2014
Ternak Di Dumai Dapat Vitamin Gratis
0
Ternak Di Dumai Dapat Vitamin Gratis
Dumai, (Riau24)--- Petani pemilik ternak seperti sapi, kerbau dan kambing pantas merasa senang. Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau memberikan layanan kesehatan gratis berupa vitamin dan obat cacing pada 690 ekor hewan ternak milik 126 kepala keluarga peternak di Kecamatan Bukit Kapur.

     Kepala Disnakkanla Dumai Syafrizal di Dumai, Selasa menjelaskan, kegiatan vaksinasi telah dilaksanakan selama lima hari hingga akhir Mei 2013 dalam rangka pelayanan kesehatan hewan kepada ternak masyarakat.

     Adapun rincian hewan ternak yang terlayani mendapat vitamin, yaitu, 567 ekor hewan kambing, 121 ekor hewan sapi dan dua ekor hewan kerbau.

     "Kegiatan ini dalam upaya peningkatan status kesehatan hewan ternak masyarakat supaya bisa mendukung produksi dan nilai ekonomis," kata Syafrizal.

     Dia menambahkan, selain memberikan vitamin dan obat cacing secara gratis, petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) juga melakukan pengambilan sample ternak masyarakat untuk kegiatan surveilance penyakit ternak di Dumai.

     Dengan pemantauan kesehatan hewan tersebut, lanjut Syafrizal, maka akan dapat diketahui sebaran penyakit hewan di sekitar wilayah Kecamatan Bukit Kapur.

     "Masyarakat peternak mesti memahami tentang perlunya kesehatan hewan ternak supaya bernilai ekonomis tinggi dan produksi juga dapat meningkat, karena itu kita rutin memberikan penyuluhan dan pemantauan kesehatan ke semua peternak yang ada," katanya.

     Pihaknya mengharapkan, melalui kegiatan pemantauan kesehatan hewan ternak ini, masyarakat peternak dapat memanfaatkan Puskeswan sebagai tempat untuk konsultasi, pengobatan dan sumber informasi tentang berbagai masalah kesehatan hewan ternak peliharaan.

Disnakkanla Dumai saat ini telah memiliki empat unit Puskeswan yang akan melayani kesehatan hewan ternak masyarakat di sejumlah kecamatan, yaitu, Puskeswan Sungai Sembilan, Dumai Barat, Bukit Kapur dan Medang Kampai.(R24/Fes/antara)



Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com