riau24 Inikah Alasan Ritel di Pekanbaru Terus Menjamur? | Berita Riau
Sabtu, 27 Mei 2017

Pekanbaru

Inikah Alasan Ritel di Pekanbaru Terus Menjamur?

0
Inikah Alasan Ritel di Pekanbaru Terus Menjamur?
Berita Riau -  Inikah Alasan Ritel di Pekanbaru Terus Menjamur?
Riau24.com- Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman menyebutkan, saat ini Pekanbaru sudah menjadi kota besar dengan penduduk mencapai 1 juta penduduk. Salah satu syarat kota besar menurutnya adalah adanya tempat atau kegiatan perbelanjaan yang beroperasi 24 jam.

"Sekarang ini masyarakat kita sudah modern, kebanyakan mereka itu jika ada sesuatu kebutuhan mendesak, ada tempat yang masih melayani meski tengah malam," kata Irba, Kamis 18 Mei 2017.

Kemudian, kata Irba, berdasarkan data dari Bank Indonesia, Pekanbaru menduduki rangking ke lima untuk perputaran uang di Indonesia terbesar. Namun, jika diluar Jawa, Pekanbaru menduduki posisi nomor satu.

"Angka perputarannya juga cukup besar, yakni mencapai Rp 600 M dalam sehari," lanjutnya.

Dengan adanya hal tersebut, wajar jika beberapa ritel yang tumbuh Indonesia melihat potenis pasar seperti itu, salah satunya adalah Pekanbaru.

"Kami dalam rangka menumbuhkan peran perusahaan di bidang ekonomi, kami tentu membuka diri," lanjutnya.

Untuk itu, dengan masuknya ritel terlebih lagi adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pihaknya harus menjalankan regulasi dari Permendag no 70 tahun 2013 tentang penataan pasar rakyat, pedagang tradisional, pusat perbelajanjaan dan toko modern.

"Berdasarkan ini, muncul perda no 9 tahun 2014 yang dijadikan payung hukum untuk operasional ritel di Pekanbaru," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, keberadaa Indomaret di Alfamart di Pekanbaru saat ini seakan tidak terkendali. Bahkan, dari kuota masing-masing ritel yakni 150, ada terjadi kelebihan kuota dari yang ditetapkan. Bahkan baru-baru ini, ritel Indomaret dan Alfamart di Pekanbaru ditutup karena beroperasi tanpa ijin.

R24/mla 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam