riau24 Kampung Inilah yang Menjadi Jejak Sejarah Pekanbaru Tempo Dulu | Berita Riau
Sabtu, 27 Mei 2017

Wisata Daerah

Kampung Inilah yang Menjadi Jejak Sejarah Pekanbaru Tempo Dulu

0
Masjid Raya Pekanbaru
Berita Riau -  Kampung Inilah yang Menjadi Jejak Sejarah Pekanbaru Tempo Dulu
Pekanbaru, Riau24.com - Ditengah tergerusnya banyak bangunan kuno dan bersejarah, namun Pekanbaru masih menyisakan kawasan bersejarah yang menjadi saksi lahirnya Kota Pekanbaru.

Jejak-jejak sejarah ini bersanding dengan tradisi budaya Melayu yang masih bertahan hingga hari ini. Tempat ini bernama Kampung Senapelan yang berada di Kecamatan Senapelan. Di Kampung Senapelan ini pulalah banyak tersimpan warisan sejarah dan budaya.

Dilansir dari TripRiau, untuk menuju Kampung Senapelan dapat dijangkau dengan berbagai jenis transportasi.

Bus Trans Metro Pekanbaru, taksi, juga angkot atau oplet,  bahkan transportasi online seperti Gojek dapat mengantar anda ke tempat ini. Berada di Kampung Senapelan, akan membawa ingatan kita pada Kota Pekanbaru tempo dulu. 
Bangunan-bangunan dengan arsitektur kuno masih bisa dijumpai di kiri-kanan jalan di kawasan ini. Sepanjang jalan banyak terdapat pusat-pusat perniagaan. Aktivitas perdagangan pun sangat terasa di sini. Tak heran, saat ini Pekanbaru berkembang menjadi salah satu kota bisnis termasyur di Indonesia.

Banyak tempat-tempat menarik di kawasan Senapelan yang bisa Anda eksplorasi untuk mengisi hari-hari selama di Pekanbaru. Masjid Raya Pekanbaru bisa menjadi tujuan awal Anda saat menginjakkan kaki di sini. Masjid Raya Pekanbaru yang awalnya bernama Mesjid Senapelan ini dibangun pertama kali oleh Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah (1766-1780), Raja keempat Kerajaan Siak Sri Indrapura, sekitar tahun 1762 M. Akses ke mesjid ini sangat mudah, karena terletak di pusat kota.

Masih di areal kompleks yang sama, Anda bisa berziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru, yakni Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah yang bergelar Marhum Bukit. Di tempat ini juga, terdapat makam Sultan Siak keempat, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang bergelar Marhum Pekan.

Puas menyambangi tempat ini, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Pasar Wisata Pasar Bawah. Tak jauh, hanya sekira 300 meter dari Komplek Masjid Raya. Cukup dengan berjalan kaki. Hasrat belanja Anda akan terpenuhi saat berkunjung ke sini. Pasar Bawah adalah ’surga belanjanya Kota Pekanbaru. Pasar Bawah merupakan pasar tertua di kota ini. Belum berkunjung ke Pekanbaru bila belum mampir ke pusat belanja satu ini.

Di Pasar Wisata Pasar Bawah banyak dijual barang-barang yang menarik untuk dijadikan buah tangan. Makanan khas Riau,  cinderamata dan souvenir asli Riau, bahkan berbagai produk impor, tas, dapat anda dapatkan disini. Barang-barang di sini bermutu tinggi. Karena sebagiannya juga merupakan barang-barang yang berasal dari luar negeri.

Tak jauh dari Pasar Bawah, juga terdapat Tugu titik nol pertama di Pekanbaru. Tugu titik nol ini terletak di Pelabuhan Pelindo, Kelurahan Kampung Dalam, Senapelan. Pelabuhan Pelindo makin menarik kala memasuki sore hari.

Anda bisa berkunjung ke rumah Tuan Kadi. Ini salah satu rumah tertua di Senapelan. Terletak di Jalan Senapelan Gang Pinggir. Hanya lebih kurang 500 meter dari Pasar Bawah. Rumah Tuan Kadi merupakan peninggalan Kesultanan Siak masa lalu. Disebut juga dengan rumah hinggap. Rumah ini menjadi persinggahan Sultan Syarif Kasim II ketika bertandang ke Pekanbaru. Di rumah ini berbagai persoalan dan strategi menata Bandar Senapelan dibahas. Di rumah ini juga terdapat kamar tidur yang dulu biasa digunakan Sultan Syarif Kasim II. Bila berkunjung ke sini, salah satu cucu Tuan Kadi yang kini menghuni rumah ini bisa bercerita panjang lebar tentang rumah bersejarah ini.

Datang ke Pekanbaru belum lengkap rasanya bila belum mencicipi kulinernya. Mampir saja ke kedai kopi Kimteng, masih di Jalan Senapelan. Ini kedai kopi paling terkenal di Pekanbaru, salah satu tempat kuliner andalan di sini. Menu favoritnya roti bakar selai Sari Kaya dan Kopi.     (***)




R24/dev

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam