riau24 Keluarga Korban ISPA Akan Terima Santunan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Diskes Perintahkan Seluruh Puskesmas-Pustu Buka Posko Pelayanan Kesehatan

Keluarga Korban ISPA Akan Terima Santunan

0
ilustrasi
Berita Riau -  Keluarga Korban ISPA Akan Terima Santunan
Pelalawan-Riau24.com-Kepala Dinas Kesehatan  Pelalawan, dr Endit R Pratiknyo mengaku bahwa pihaknya telah memerintahkan seluruh Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Puskesdes se-Pelalawan supaya membuka Posko pelayanan Kesehatan selma 24 jam setiap harinya pada masyarakat secara gratis di wilayah tugasnya masing-masing.

Hal itu harus dilakukan  setiap jajaran petugas Puskesmas, Pustu dan Puskesdes se-Pelalawan mengingat ditetapkannya Riau oleh Plt Gubri sebagai Darurat bencana Pencemaran Udara.

Pernyataan itu diungkapkan Kadiskes Pelalawan kepada Riau24.com saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (15/9/2015) di Pangkalan Kerinci.

Menurut Endit, meski hingga kini belum ada secara resmi dari Pemprov Riau terkait SK penetapan darurat bencana pencemaran udara kibat kabut asap semakin tebal dan pekat menyelimuti wilayah Riau khusus dikabupaten Pelalawan, namun untuk menyikapi keputusan Gubri itu, pihaknya telah dua hari sebelum ini telah melayangkan surat edaran pada masing-masing Pukesmas, Puskesdes dan Pustu se-Pelalawan agar membuka Posko pelayanan kesehatan selama 24 jm setiap harinya untuk melayani masyarakat yang datang berobat secara gratis.

”Kami sebenarnya dua hari sebelum ini telah membuat dan telah melayangkan surat edaran pada setiap Puskesmas, Pustu dan Puskesdes se-Kabupaten Pelalawan. Dengan surat edaran itu kami telah minta pada para petugas supaya membuka Posko pelayanan kesehatan untuk melayani masyarakat berobat 24 jam setiap harinya akibat dampak akibat kabut asap yang melanda Pelalawan,” tuturnya.

Selain membuka Posko di setiap Puskesmas,Pustu dan Puskesdes se-Pelalawan, pihak Diskes Pelalawan juga akan membuka dua Posko Pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yaitu di lokasi Km 5 dan di depan Ramayana Pangkalan Kerinci.

”Di dua lokasi ini kita buka Posko pelayanan kesehatan bagi masyarakat karena di Pangkalan Kerinci agak jauh jarak lokasi pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” terangnya.       

Sekarang ini sebut Endit, jumlah warga di Kabupaten Pelalawan yang terserang penyakit Ispa terhitung sejak Senin (14/9) kemarin, terus terjadi peningkatan yaitu sudah mencapai 170 orang. Dari jumlah itu, warga yang terbanyak terkena penyakit ISPA akibat dampak kabus asap yang semakin tebal dan pekat adalah para warga di kecamatan Ukui yang berjumlah 48 orang dan di kecamatan Pangkalan Kerinci mencapai 45 orang.

”Hal itu terjadi disebabkan kondisi udara di Pelalawan sudah sangat tidak sehat karena ispu di Pelalawan sudah mencapai 344. Untuk menghadapi darurat bencana kabut asap di Pelalawan kita akan terus melakukan koordinsi dengan BPBD Pelalawan dan BLH Pelalawan,” tegasnya. R24/mrd/suhemri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru