riau24 2 Tahun Hilang di Luar Angkasa, Kamera GoPro ini `Pulang` Kembali | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

2 Tahun Hilang di Luar Angkasa, Kamera GoPro ini `Pulang` Kembali

0
Setelah terbang dua tahun lamanya di luar angkasa, kamera action ini `pulang` kembali ke pemiliknya
Berita Riau -  2 Tahun Hilang di Luar Angkasa, Kamera GoPro ini `Pulang` Kembali

California-Riau24.com-Kamera GoPro memang sering digunakan untuk mengabadikan momen-momen langka dengan mengambil lokasi ekstrem, seperti pegunungan, lautan, hutan dan beberapa lokasi menakjubkan lainnya. Namun pernahkan Anda berpikir bahwa kamera ini bisa mengambil momen secara langsung dari luar angkasa?

Sekelompok mahasiswa dari Stanford University menggagas ide gila untuk menerbangkan kamera GoPro menembus langit dengan menggunakan sebuah balon udara. Ide nekat mereka akhirnya berhasil direalisasikan dengan mempersiapkan balon udara untuk menerbangkannya di wilayah Grand Canyon.

Bersama dengan teman-temannya, Bryan Chan, selaku salah satu penggagas ide itu menerbangkan kamera GoPro ke luar angkasa pada Juni 2013 lalu. Ketika menerbangkan kamera tersebut, mereka juga menyematkan perangkat smartphoneberkoneksi AT&T untuk melakukan tracking lokasi ketika balon tersebut mendarat.

Awalnya, Bryan dan teman-teman masih bisa melakukan tracking lokasi balon dan kamera GoPro-nya. Balon tersebut mampu terbang sampai tingkat ketinggian 98.664 kaki (30.1 km), sampai akhirnya kamera tersebut mencapai lapisan atmosfer Bumi yang notabene memang tidak memiliki coverage koneksi mobile sama sekali. 

Pupus sudah harapan Bryan untuk kembali menggenggam kamera kesayangannya. Karena ia sudah berpikir bahwa sangat mustahil untuk mendapatkan kembali kameranya yang kadung ditelan ruang hampa luar angkasa.

Ajaibnya, berdasarkan informasi yang dilansir Telegraph, Rabu (16/9/2015), kameraaction tersebut tiba-tiba kembali 'pulang' ke Bumi dua tahun setelahnya. GoPro milik Bryan ditemukan oleh seorang wanita bernama Pearl Tsosie ketika ia sedang berjalan-jalan di gurun pasir wilayah Grand Canyon.

Pada saat itu, Tsosie yang (kebetulan) juga bekerja untuk AT&T sedang melakukan hikingdi wilayah Grand Canyon. Ia lalu menemukan kamera Go-Pro yang terkubur di pasir gurun. Kontan, ia penasaran dengan bentuk kamera itu dan langsung membawanya ke toko AT&T.

"Saya langsung pergi ke toko AT&T dan mereka akahirnya mampu mengidentifikasi SIMcard pemilik smartphone dan kamera ini. Kami menemukan cuplikan rekaman kamera tersebut. Sungguh menakjubkan! Saya tidak menyangka kamera ini mampu menembus luar angkasa!" tutur Tsosie. Ia pun langsung menghubungi Bryan dan mengembalikan barang miliknya.

Pada video yang terekam, tampak dokumentasi Bryan dan teman-temannya merencanakan persiapan peluncuran balon dan rekaman langsung GoPro menembus tingginya lapisan langit hingga ke luar angkasa.

R24/noe/liputan6 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru