riau24 45 Persen Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling Berada di Kuansing | Berita Riau
Jumat, 23 Juni 2017

Hutan

45 Persen Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling Berada di Kuansing

0
45 Persen Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling Berada di Kuansing
Berita Riau -  45 Persen Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling Berada di Kuansing
Kuansing, Riau24.comKabupaten Kuantan Singingi memang masih banyak sekali di jumpai hutan-hutan yang masih dilindungi, seperti Hutan Lindung Bukit Betabuh dari Kecamatan Kuantan Mudik sampai Pucuk Rantau, Hutan Lindung Sumpu di Kecamatan Hulu Kuantan, Hutan Lindung Sentajo di Kecamatan Sentajo Raya, Hutan Lindung Jake di Kecamatan Kuantan Tengah dan hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling.


Saat sekarang ini, Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang dan Bukit Baling berada di Kecamatan Singingi Hilir yang berbatasan langsung dengan kabupaten Kampar dan pelalawan tersebut, ternyata akan dilakukan pengelolaannya.

Oleh karena Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, 
M. Si sangat mendukung upaya tersebut.

"Bahkan Bupati H Mursini langsung menyampaikan dukungannya terhadap pengelolaan suaka marga satwa bukit rimbang bukit baling, karena bukit ini merupakan tempat flora dan fauna bernaung, selain tentunya sebagai sumber oksigen mahluk hidup di dunia ini," ungkapnya saat memberikan arahan dalam acara konsultasi publik dokumen penataan blok, dan rencana pengelolaan hutan suaka marga satwa bukit rimbang bukit baling, yang diselenggarakan di Kantor Bappeda Provinsi Riau, Rabu 14 Juni 2017.

Bupati yang didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan Wariman, Asisten II Indra Suandi, Kadis Pertanian Maisir, Plt Kaban Bappeda Litbang Zafnil, SP, Camat Hulu Kuantan Hamiyudin, Camat Singingi dan Camat Singingi Hilir Hazrianto, menyebutkan dari luas keseluruhan hutan suaka marga satwa bukit rimbang dan bukit baling tersebut, 45 % berada di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi.

"Dari luas keseluruhan hutan suaka marga satwa bukit rimbang dan bukit baling tersebut, 45 % berada di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi. Karena itu saya sangat mendukung penataan blok dan rencana pengelolaan dari bukit rimbang dan bukit baling ini," paparnya.

Guna menjaga kelestarian hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang Bukit Baling dan untuk memperoleh dokumen penataan blok, dan rencana pengelolaan terhadap habitat suaka marga satwa yang ada di Provinsi Riau, Bappeda bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau menggelar kegatan konsultasi publik.

Sementara Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Riau Mahfud, MP menyebutkan, kegiatan konsultasi publik untuk mendapatkan penataan blok dan rencana pengelolaan hutan suaka marga satwa bukit rimbang bukit baling sangat penting dilaksanakan.

Mengingat berbagai tekanan 
terhadap hutan suaka marga satwa ini sangat besar, baik dalam bentuk
perambahan hutan maupun alih fungsi lahan.

Karena itu katanya, perlu kesepakatan bersama untuk menyusun dokumen penataan blok dan rencana pengelolaan hutan suaka marga satwa rimbang baling oleh semua pihak terkait termasuk kabupaten Kuantan Singingi dan Kampar sebagai pemilik lokasi.

"Hutan suaka margasatwa bukit rimbang bukit baling, merupakan salah satu paru-paru dunia yang mempunyai luas 142.156 ha," ujarnya.   (***)




R24/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam