riau24 Bedug Terbesar di Dunia Ini Dibuat dari Pohon Paling Keramat Berumur Ratusan Tahun | Berita Riau
Kamis, 23 November 2017

Peninggalan Budaya

Bedug Terbesar di Dunia Ini Dibuat dari Pohon Paling Keramat Berumur Ratusan Tahun

0
Bedug Pendowo
Berita Riau -  Bedug Terbesar di Dunia Ini Dibuat dari Pohon Paling Keramat Berumur Ratusan Tahun
Riau24.com - Di Kabupaten Purworejo terdapat salah satu benda peninggalan sejarah yang sangat terkenal yaitu Bedug Pendowo yang merupakan bedug terbesar di dunia. Bedug tersebut berada di dalam Masjid Darul Muttaqien yang terletak di alun-alun Purworejo. Bedug ini merupakan karya besar umat Islam yang pembuatannya diperintahkan oleh Adipati Cokronagoro I, Bupati Purworejo pertama yang terkenal sangat peduli terhadap perkembangan agama Islam.

Pada awal mulanya,ia ingin mempunyai sebuah bangunan masjid agung yang terletak di pusat kota alun alun purworejo. Maka dari itu kemudian di bangunlah sebuah masjid di sebelah barat alun alun purworejo pada tanggal16 april 1834 M dan tepatnya hari minggu.

Untuk membangun masjid agung ini, sang bupati tak ingin hanya asal jadi saja. Maka dari itu beliau meminta para ahli untuk mendapatkan kayu terbaik sebagai bahan utama pendirian masjid. Kemudian dibangunlah sebuah masjid dengan gaya arsitektur Jawa berbentuk Tanjung Lawakan lambang Teplok yang mirip Masjid Agung Keraton Solo, bahan-bahan untuk membuat tiang utama masjid ini berasal dari kayu jati bang yang mempunyai cabang lima buah dengan umur ratusan tahun dan diameter lebih dari 200 cm dan tingginya mencapai puluhan meter.

Di atas tanah seluas kurang lebih sekitar 8.825 m2, akhirnya masjid agung ini berdiri dengan sangat kokoh dan juga megah.

Namun, kemegahan sebuah masjid tak akan ada artinya tanpa adanya jamaah untuk memakmurkan masjid. Untuk itulah, kemudian dipikirkan sarana untuk memanggil para jamaah tersebut hingga terdengar sejauh-jauhnya lewat tabuhan sebuah bedug sebagai tanda waktu sholat menjelang adzan dikumandangkan, karena saat itu belum ada pengeras suara.

Dan sekali lagi sang bupati Cokronagoro I memerintahkan pembuatan Bedug dengan ukuran yang luar biasa besar dengan tujuan supaya dentuman bunyi bedug tersebut terdengar sejauh mungkin sebagai panggilan waktu sholat umat muslim untuk berjamaah di masjid agung tersebut.

Raden Patih Cokronagoro bersama Raden Tumenggung Prawironagoro yang juga merupakan adik dari Cokronagoro I menjadi pelaksana tugas membuat Bedug Besar itu. Sama seperti bahan pembuatan masjid yang menggunakan kayu jati pilihan , bedug besar ini pun juga disepakati untuk dibuat dari pangkal kayu jati bang bercabang lima. Daerah tempat asal pohon jati tersebut adalah Dusun Pendowo, Desa Bragolan, Kecamatan Purwodadi.

Konon ceritanya, seperti dilansir situs telusurindonesia.com, pohon jati yang digunakan untuk membuat bedug ini sebelumnya dianggap sebagai pohon keramat yang tak boleh ditebang. Namun karena agama Islam tak mengenal tahayul, dan juga karena atas perintah Bupati, maka pohon jati yang tua dan telah berusia ratusan tahun itu ditebang juga.

Bedug yang mempunyai nama bedug kyai bagelen atau bedug pendowo tersebut mempunyai panjang sekitar 282 cm garis tengah depan 194 cm garis tengah belakang 180 cm keliling bagian depan 601 cm keliling bagian belakang 564 cm dengan jumlah paku depan 120 buah dan jumlah paku belakang 98 buah dan lulangnya dari kulit banteng, menjadikan bedug ini termashur dan terkenal di Asia dan Dunia.

Sampai sekarang bedug pendowo menjadi cagar budaya atau peninggalan budaya yang harus di jaga dan dirawat untuk mengenang para pembuatnya juga perkembangan Islam di tanah Bagelen atau Purworejo nama kabupaten saat ini. Bedug yang sudah berusia 177 tahun kini menjadi ikon kebanggan umat Islam di wilayah Purworejo dan akan menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di daerah selatan wilayah Jawa Tengah.***

Loading...

Bagikan : #Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru