riau24 Akademisi Lingkungan Minta Tata Kelola Hutan Riau Diperbaiki | Berita Riau
Jumat, 23 Juni 2017

Lingkungan

Akademisi Lingkungan Minta Tata Kelola Hutan Riau Diperbaiki

0
Kebakaran hutan dan lahan di Riau tertangkap citra kamera Heli patroli Satgas Udara.
Berita Riau -  Akademisi Lingkungan Minta Tata Kelola Hutan Riau Diperbaiki
Riau24.com, PekanbaruMaraknya aksi pengerusakan hutan dan lahan memerlukan perhatian bersama. Akademisi yang meneliti sektor lingkungan mengungkapkan perlu solusi realita, sepert pengelolaan hutan yang pro lingkungan. 


Beberapa persoalan serius terkait kawasan hutan adalah Deforestasi dan degradasi lahan. Pengelolaan dan pemanfaatan hutan dan lahan yang tidak proporsional mengancam keseimbangan alam.

Pengamat Lingkungan Dr Suwondo mengatakan persoalan tata kelola hutan perlu dicermati secara bijak. Sehingga ancaman bencana ekologis untuk jangka panjang dapat diminimalisir.

"Sebelum mencarikan solusi untuk persoalan tersebut, harus dapat diinventarisir penyebab makin berkurangnya fungsi hutan di alam. Salah satunya karena tata kelola hutan dan lahan yang kurang proporsional," kata Suwondo, Selasa, 20 Juni 2017.

Lanjutnya, untuk kondisi ini salah satu indikatornya adalah pengelolaan hutan dan lahan yang belum baik di Riau menjadi akar permasalahannya mengapa hingga kini persoalan kebakaran hutan dan lahan belum selesai.

"Tata kelola yang masih buruk ini yang mesti dituntaskan terlebih dulu," jelasnya.

Akademisi Universitas Riau ini mencontohkan, REDD atau Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation yang sempat hangat diperbincangkan beberapa waktu lalu. Hanya saja, hal ini tidak lagi menjadi fokus untuk pengelolaan lingkungan di negeri ini.

"Jadi kalau tata kelola hutan dan lahan kita baik. Maka emisi pasti juga akan kecil dan dapat diminimalisir," terangnya lagi.


R24/zdy

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam