riau24 Sungai Paku Singingi Hilir Tercemar Kesehatan Warga Terancam | Berita Riau
Selasa, 27 Juni 2017

PENCEMARAN

Sungai Paku Singingi Hilir Tercemar Kesehatan Warga Terancam

0
Sungai Paku Singingi Hilir Tercemar Kesehatan Warga Terancam
Berita Riau -  Sungai Paku Singingi Hilir Tercemar Kesehatan Warga Terancam
Riau24.com - KUANSING – Pencemaran lingkungan di sungai kembali terjadi, padahal sangat membahayakan bagi warga dan hewan ternak yang berada di sekitar lokasi pencemaran tersebut. Pencemaran diduga berasal dari limbah perusahaan yang berada di Desa Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.

Kepala Desa (Kades) Sungai Paku Singingi Hilir, Eldianto mengatakan, kondisi sungai sudah terlihat menghitam pekat sehingga rawan terjangkitnya berbagai penyakit kulit pada tubuh manusia dan hewan ternak masyarakat Sei Pagu Kecamatan Singingi Hilir.

Pemerintah desa Sungai Paku berharap pihak yang diduga telah membiarkan kondisi tercemarnya lingkungan sungai di wilayah tersebut segera melakukan antisipasi sebelum terjadi korban. "Kami menduga pencemaran terjadi karena limbah perusahaan di wilayah tersebut," sebutnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jeprinaldi menanggapi keluhan masyarakat dan dugaan adanya pencemaran lingkungan oleh perusahaan berjanji segera menurunkan tim. "Kami selalu tanggap atas keluhan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, jika benar adanya temuan limbah perusahaan mencemari sungai yang menjadi penghidupan masyarakat akan ditindak tegas dan memanggil pihak terkait. "Sudah saatnya semua perusahaan menunjukan kepedulian terhadap lingkungan," tegasnya.

Warga peduli lingkungan Kuansing, Hendri mengatakan, apresiasi diberikan kepada warga yang berani melaporkan adanya dugaan pencemaran lingkungan oleh perusahaan, karena selama ini kepedulian pemilik modal dinilai sangat minim terkait perusakan lingkungan. "Ini langkah membuka pintu agar semua perusahaan yang ada di wilayah Kuansing taat hukum," katanya.

Karena itu, jika instansi terkait sudah mendapatkan bukti telah terjadi pencemaran sungai di wilayah tersebut sebaiknya segera bertindak sebelum konflik dan dampak negatif yang muncul. ***


R24/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam