riau24 Kontrak Tol dengan Terowongan Terpanjang di RI Diteken | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Kontrak Tol dengan Terowongan Terpanjang di RI Diteken

0
Foto: Bima Firmansyah
Berita Riau -  Kontrak Tol dengan Terowongan Terpanjang di RI Diteken

Jakarta-Riau24.comKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini telah menandatangani kontrak pengerjaan jalan bebas hambatan (jalan tol) ruas Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk Seksi II (Rancakalong-Sumedang) di fase II.

Jalan tol ini nantinya akan menjadi jalan tol di Indonesia yang memiliki terowongan terpanjang. Terowongan yang diberinama Cadas Pangeran tersebut memiliki panjang 500 meter dan pembangunannya akan masuk dalam kontrak pengerjaan fase II ini.

"Kita sudah tandatangani Cisumdawu yang bagian pemerintah di Fase II, ini panjangnya sekitar 11 kilometer (km), dengan ada 500 meter nanti terowongan, total investasinya sekitar Rp 3,1 triliun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono di Kantornya, Selasa (15/9/2015).

Dalam pengerjaan tol ini pemerintah akan membangun untuk Seksi I dan Seksi II karena dilihat dari skala ekonomis, tol tersebut tidak feasible (layak). Dengan demikian nantinya investor baru mengerjakan proyek di Seksi III, Seksi IV, Seksi VI dan Seksi VI.

Basuki menambahkan, panjang seluruh seksi II ini adalah 17,35 km, dan pekerjaan yang ditandatangani kontraknya hari ini adalah fase II dari seksi II yaitu sepanjang 11 km.

‎"Pembebasan lahannya sudah 80 persen, kalau untuk seksi I nya baru 30 persen, kemarin saya lihat progresnya di lapangan sangat bagus, tahun depan selesai untuk Fase I nya karena sekarang konstruksi sudah 60 persenan, Agustus 2016 lah," papar basuki.

Proyek ini nantinya akan dikerjakan oleh konsorsium yang terdiri dari Metallurgical Corporation of China Ltd (MCC), PT Wijaya Karya (Persero), PT Nindya Karya (Persero) dan PT Waskita Karya (Persero)‎.

Tol Cisumdawu ini secara keseluruhan nantinya memiliki panjang 60,27 km yang dalam pengerjaannya dibagi dalam enam seksi. Untuk seksi I yaitu Cileunyi-Rancakalong memiliki panjang 12 km dan seksi II Rancakalong-Seumedang sepanjang 17,3 km. Sedangkan untuk seksi III Sumedang-Cimalaka panjangnya 3,75 km, Seksi IV Cimalaya-Legok 7,2 km, Seksi V Legok-Ujung Jaya 15,9 km dan Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan memiliki panjang 4 km.

R24/noe/liputan6 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru