riau24 Inilah Penderitaan yang Dialami Sumanto Manusia Kanibal Setelah Keluar Dari Penjara | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Nasional

Inilah Penderitaan yang Dialami Sumanto Manusia Kanibal Setelah Keluar Dari Penjara

1
Inilah Penderitaan yang Dialami Sumanto Manusia Kanibal Setelah Keluar Dari Penjara
Berita Riau -  Inilah Penderitaan yang Dialami Sumanto Manusia Kanibal Setelah Keluar Dari Penjara
Pekanbaru, Riau24.com - Masih ingat dengan Sumanto ?

Sumanto, pria yang sempat menggegerkan dunia karena memakan daging mayat, pada 2003 silam.
Paskakeluar dari tahanan pada 2006 lalu karena kasus pembongkaran kuburan dan pengambilan mayat, ia tak sepenuhnya menghirup udara bebas.

 

Warga desa tempat tinggalnya, desa Plumutan, Kemangkon, Purbalingga menolak kehadirannya kembali di desa.

Beruntung, seorang pengasuh panti rehabilitasi mental Annur, Bungkanel Karanganyar Purbalingga Supono bersedia menampungnya.

Dilansir dari Tribun.com, Jum'at 17 Juli 2017, belasan tahun Sumanto tinggal di panti, apakah Sumanto mengalami perubahan?

Fisik Sumanto tak banyak mengalami perubaban sejak 11 tahun lalu.


Tubuhnya masih gempal. Tak terlihat banyak uban pada rambut kepalanya. Kumis panjangnya tetap khas, hampir menyatu dengan jenggot. Hanya kulit pipinya terlihat agak kempot.

Supono mengungkapkan, dari segi kepribadian, Sumanto telah mengalami banyak perubahan semenjak tinggal di panti.


Sumanto menjadi pribadi lebih baik. Ia beraktivitas layaknya masyarakat normal di dalam panti, mulai mencabuti rumput, bertani, memberi makan burung, dan membantu pekerjaan Supono.

"Aktivitas saya bantu-bantu pak Haji (Supono) cabut-cabut rumput, bertani, ikut pengajian, pokoknya ikut pak haji," kata Sumanto.

Selain beraktivitas sosial, Sumanto juga rajin mengikuti pengajian yang diselenggarakan panti. Menurut Supono, Sumanto mampu melafalkan ayat Alquran. Pada beberapa kesempatan, Sumanto juga dipercaya mengumandangkan azan.

Namun citra Sumanto tetap buruk. Stigma Sumanto sebagai sosok mengerikan tak lantas sirna dari benak masyarakat. Ia tetap ditolak oleh warga saat beberapa kali hendak dipulangkan ke rumah orang tuanya.

Apa keinginan Sumanto?

Ia ingin kembali pulang ke tanah kelahiran dan menjalani aktivitas layaknya manusia normal. Selain kembali ke rumah, Sumanto juga sempat menyampaikan keinginannya untuk menikah. Ia mendambakan seorang perempuan yang bisa menerima apa adanya.


Sebagai sesama lelaki, Supono mengerti kemauan Sumanto yang menginginkan pendamping hidup.
Namun, melihat pandangan miring masyarakat terhadap Sumanto selama ini, ia pun pesimis dapat mewujudkan keinginan Sumanto.


Supono sempat berusaha mencarikan jodoh untuk Sumanto. Ia pernah mengumumkan keinginan Sumanto itu ke publik melalui media.
Supono bahkan siap menanggung biaya resepsi pernikahan jika ada perempuan yang bersedia dipinang Sumanto.


"Sudah saya umumkan. Biaya nikah saya tanggung, mau nikah di hotel mana silakan saya tanggung. Tapi tidak ada yang mau sampai sekarang," katanya.   (***)




R24/dev

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 01 Desember 2017 12:51 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/2o0BiA0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru