riau24 Inilah Masakan Porsi Jumbo Yang Bisa Dimakan Orang Se-RT | Berita Riau
Selasa, 25 Juli 2017

Tahukah Anda

Inilah Masakan Porsi Jumbo Yang Bisa Dimakan Orang Se-RT

0
Inilah Masakan Porsi Jumbo Yang Bisa Dimakan Orang Se-RT
Berita Riau -  Inilah Masakan Porsi Jumbo Yang Bisa Dimakan Orang Se-RT
Riau24.com-Kuliner Indonesia memiliki tempat sendiri di hati penikmatnya. Gimana tidak, kuliner Indonesia ini sangat kaya akan cita rasanya, beragam pula. Sebab dari Sabang sampai merauke, makanan ini beragam pula bentuknya serta rasanya.

Seperti misalnya nasi goreng resek yang ada di Malang. Keunikannya terletak pada cara memasaknya yang nggak biasa. Penjual nasi goreng resek selalu memasak dalam jumlah yang besar untuk beberapa orang pemesan sekaligus. Namun uniknya, rasa nasi goreng resek tetap yahud. Selain nasi goreng resek, ada lagi nih beberapa kuliner khas yang di masak dalam porsi yang besar.

1. Nasi Goreng Resek, Malang

Dalam bahasa Indonesia, resek berarti sampah. Namun, jangan dibayangkan nasi goreng ini terbuat dari kumpulan sampah. Dinamakan nasi goreng resek, karena lokasinya berada di dekat tempat pembuangan sampah. Selain nama, alat masak dan proses pembuatan nasi goreng resek pun terbilang unik. Penjual masih menggunakan kompor berbahan bakar arang untuk memasaknya. Alat penggorengannya berupa kuali yang berukuran besar, sehingga sekali masak bisa untuk puluhan pembeli.

2. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Jakarta

Usia nasi goreng kambing Kebon Sirih ini hampir lebih dari 50 tahun lho. Namun, ia masih bertahan karena rasa dan keunikannya. Nasi goreng kambing Kebon Sirih dimasak dengan perpaduan bumbu rempah-rempah dan minyak samin yang siap menggoyang lidah. Begitu nasi goreng khas Kebon Sirih ini menyentuh lidah, kenikmatannya benar-benar tak terkira. Taburan bawang goreng, daging kambing, dan kerupuk emping menambah nikmatnya nasi goreng. Saat memesan nasi goreng kambing Kebon Sirih ini kamu nggak perlu menunggu lama, karena dimasak secara massal.

3. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti Yogyakarta

Ingin kuliner yang sensasi pedasnya meledakkan mulut? Kamu wajib coba oseng-oseng mercon Bu Narti yang ada di Yogyakarta ini. Oseng-oseng mercon Bu Narti merupakan pelopor masakan pedas dengan bahan daging sapi di Yogyakarta. Konon nama oseng-oseng mercon ini adalah pemberian dari Cak Nun.

Oseng-oseng mercon Bu Narti memiliki 2 macam level kepedasan, yaitu bledeg dan halilintar. Jika kamu penyuka pedas yang fanatik, halilintar sangat cocok untuk lidahmu. Untuk menyajikan oseng-oseng mercon pada pecinta pedas, setiap harinya Bu Narti memasak dalam kuali yang berukuran besar.

4. Nasi Goreng Gila Gondrong Jakarta

Nasi goreng gila gondrong ini juga terkenal dengan nama nasi goreng gila Obama. Penyebutan tersebut karena letaknya yang berada di depan SDN 01 Menteng, tempat Obama dulu bersekolah. Nasi goreng gila gondrong digemari banyak orang karena bumbunya yang ajib! Racikan bumbu nasi goreng gila gondrong menggunakan tabasco sehingga rasanya nggak sembarangan. Karena selalu ramai, nasi goreng gila gondrong dimasak dalam jumlah yang banyak.

5. Hary Crab Samarinda

Salah satu makanan yang terkenal di Kalimantan Timur adalah kepiting. Di sana banyak sekali rumah makan yang menyediakan menu olahan kepiting, salah satunya Hary Crab ini. Rumah makan ala warung ini menyediakan menu kepiting asam manis yang menggoyang lidah. Bumbu asam manis untuk kepiting sudah tersedia di sebuah wajan besar. Pak Hary, pemiliknya, selalu siap siaga mengaduk kepiting dalam bumbu yang selalu menggelegak.

6. Kuah Beulangong Aceh

Beulangong dalam bahasa Indonesia berarti belanga besar, maka tak heran jika kuah beulangong dimasak dalam jumlah yang besar. Makanan khas Aceh ini biasanya dimasak di dalam sebuah belanga yang diameternya saja hampir 1 meter. Bahan-bahannya berupa daging kambing yang dicampur dengan nangka atau pisang dan juga bumbu-rempah-rempah khas Aceh. Hmmmmm, membayangkannya saja sudah menerbitkan air liur. Masyarakat Aceh memasak kuah beulangong saat bulan Ramadan atau ketika ada hajatan. Namun, saat ini kamu bisa menikmatinya juga di warung-warung.

7. Sayur Ares, Lombok

Ares boleh dibilang merupakan salah satu kuliner dari Lombok yang unik. Makanan khas Lombok ini berbahan dasar pelepah daun pisang muda yang belum berbunga. Bahan tersebut kemudian direbus dengan bumbu yang mirip dengan kare, seperti bawang merah, bawang putih, jinten, ketumbar, jahe, jinten, dan lengkuas. Biasanya sayur ares ini juga ditambah dengan daging sapi. Sayur ares adalah masakan yang dihidangkan saat hajatan. Memasaknya pun tentu dalam porsi yang besar. Namun, saat ini kamu bisa mencicipi nikmatnya ares di warung-warung.

Kuliner juga bisa dijadikan ciri khas suatu daerah. Pengalamanmu traveling juga akan semakin kaya dengan mencicipi kuliner khas daerah yang kamu kunjungi. Jika berkunjung ke 7 kota di atas, jangan lupa mampir ya

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru