riau24 Tito: Pelaku Bom Thamrin dan Kampung Melayu Gunakan Aplikasi Telegram | Berita Riau
Jumat, 21 Juli 2017

Penutupan Medsos

Tito: Pelaku Bom Thamrin dan Kampung Melayu Gunakan Aplikasi Telegram

0
ilustrasi
Berita Riau -  Tito: Pelaku Bom Thamrin dan Kampung Melayu Gunakan Aplikasi Telegram
Riau24.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan teroris kerap menggunakan aplikasi Telegram untuk berkomunikasi. Itulah yang melatarbelakangi permintaannya kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) untuk menutup akses masyarakat ke aplikasi Telegram.

"Fitur Telegram memiliki banyak keunggulan, di antaranya mampu menampung sampai 10.000 member dan percakapan dienkripsi, artinya sulit dideteksi. Ini jadi problem dan jadi tempat saluran komunikasi paling favorit oleh kelompok teroris," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Monas, Jakarta Pusat.

Tito memberi contoh kasus-kasus terorisme yang terjadi selama ini. Mulai dari bom Thamrin, bom Kampung Melayu, dan penusukan polisi di Falatehan, tersangka teroris di Bandung ternyata para pelakunya merupakan pengguna aplikasi Telegram.

"Salah satunya mempersulit gerakan mereka adalah menutup Telegram. Nanti kita lihat apakah jaringan teror menggunakan saluran komunikasi lain. Kami juga ingin lihat dampaknya. Saya kira ini akan terus dievaluasi," kata Tito seperti dilansir republika, Ahad (16/7).

Kemkominfo pada Jumat (14/7) telah meminta Internet Service Provider (ISP) untuk melakukan pemutusan akses (pemblokiran) terhadap sebelas Domain Name System (DNS) milik situs aplikasi percakapan Telegram.

"Pemblokiran ini harus dilakukan karena banyak sekali kanal yang ada di layanan tersebut bermuatan propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, ajakan atau cara merakit bom, cara melakukan penyerangan, gambar yang mengganggu, dan lain-lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia," demikian siaran pers Kemenkominfo, Jumat.***
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru