riau24 Pemkab Rohil Upayakan 2017 Seluruh Desa Miliki BUMDES | Berita Riau
Jumat, 21 Juli 2017

ROHIL

Pemkab Rohil Upayakan 2017 Seluruh Desa Miliki BUMDES

0
pemkab
Berita Riau -  Pemkab Rohil Upayakan 2017 Seluruh Desa Miliki BUMDES
Riau24.com , Rohil- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dalam upaya meningkatkan kemandirian desa menargetkan akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), di seluruh desa di Kabupaten Rokan Hilir pada tahun 2017 ini. 
 
Ini diungkapkan Sekda Rohil, Minggu (16/7). Menurut Surya Arfan bahwa sudah saatnya desa untuk mandiri dan tidak bergantung lagi kepada dana yang disediakan oleh kabupaten.
 
"Sudah waktunya sekarang itu desa itu menghasilkan. Jadi kan selama ini desa bergantung dana dari kita. Kita ingin sekarang itu desa menghasilkan dan memiliki peran untuk membangun daerah," ujarnya.
 
Lebih lanjut Sekda Rohil, Surya menjelaskan bahwa untuk saat ini pihaknya berkeinginan pada tahun 2017 seluruh desa di Kabupaten Rohil telah memiliki Bumdes.  "Iya kita ingin seluruh desa memiliki Bumdes tahun ini," tambahnya. 
 
Jelas Surya, dalam rangka meningkatkan potensi yang ada di desa, pemerintah pusat dan juga daerah terus berupaya melakukan berbagai program dan terobosan. Salah satunya dengan menciptakan kemandirian desa melalui adanya Bumdes. Hal ini juga yang saat ini sedang digenjot oleh Pemkab Rohil. "Iya kita ingin seluruh desa memiliki Bumdes tahun ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Iryan, selaku Kabid Pembangunan dan Pengembangan Desa (PMD) menjelaskan, oleh karena itu Pemkab Rohil melalui Dinas PMD terus melakukan sosialisasi dalam mewujudkan terciptanya kemandirian desa melalui adanya Bumdes tersebut. 
 
"Alhamdulillah sejauh ini kita sudah punya 23 Bumdes dan sebanyak mungkin kita akan kejar terus pembangunannya, karena sejauh ini baru dua per tiga yang sudah disosiasikan dan kita akan kejar jelang akhir tahun," ujar 
 
Iryan juga menambahkan bahwa 23 Bumdes yang telah ada di Rohil tersebut masih belum ada yang menunjukkan hasil positif dikarenakan masih dalam tahap awal pembangunan, sehingga ia berharap peran dari seluruh komponen dalam memajukan Bumdes tersebut.
 
Menurutnya, potensi di bidang perkebunan kelapa sawit sangat menjanjikan di Rohil, sehingga perlu dikelola dengan baik. "Alangkah baiknya mengingat 95% potensi sawit di Rohil dengan perkebunan sawit yang luas, maka disarankan Bumdes bergerak di bidang pengelolaan kelapa sawit," ujarnya.
 
Iryan berharap ke depannya bahwa dengan adanya pengelolaan yang baik dari Bumdes di bidang kelapa sawit, mampu meningkatkan PAD yang berdampak untuk Kabupaten Rohil.
 
"Kalau pengelolaannya baik bisa mendongkrak harga beli sawit masyarakat daerah. Bisa juga meningkatkan PAD desa dan paling penting berdampak juga terhadap PAD Kabupaten Rohil," tandasnya. 




R24/msy 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru