riau24 Tahun Ini, Pemkab Inhu Bangun 357 Rumah Layak | Berita Riau
Selasa, 25 Juli 2017

Infrastruktur

Tahun Ini, Pemkab Inhu Bangun 357 Rumah Layak

0
Tahun Ini, Pemkab Inhu Bangun 357 Rumah Layak
Berita Riau -  Tahun Ini, Pemkab Inhu Bangun 357 Rumah Layak
Inhu, Riau24.comTahun ini, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan membangun sebanyak 357 unit rumah layak huni. Pembangunan rumah layak huni ini sebagai tindak lanjut mewujudkan Kabupaten Inhu Sejahtera yang dicanangkan Bupati Inhu H Yopi Arianto SE.


Kepala Dinas Pemukiman Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perakakim) Kabupaten Inhu, Ir Teguh Krisyanto MM mengatakan bahwa pembangunan rumah layak huni ini tersebar di sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Inhu. 


‘’Dalam waktu ini pekerjaan pembangunan rumah layak huni akan segera dimulai dan di akhir tahun ini dapat diserahkan kepada warga yang berhak menerimanya,” ujarnya.


Dijelaskannya, pembangunan rumah layak huni tahun ini iuga berkat upaya jemput bola pada sejumlah anggaran tingkat provinsi dan pusat. Sehingga dari anggaran yang ada yakni dari APBD Provinsi Riau mencapai sebanyak 215 unit dan dari APBN mencapai sebanyak 142 unit.


Penyebaran pembangunan rumah layak huni yang bersumber dari APBD Provinsi Riau berada di tiga kecamatan. Di mana di antaranya berada di Desa Rantau Lansat sebanyak 65 unit dan di Desa Belimbing sama-sama di Kecamatan Batang Gansal sebanyak 42 unit.


Kemudian di Kecamatan Sungai Lala terdapat dua desa di antaranya Desa Kuala Lala sebanyak 43 unit dan Desa Morong sebanyak 45 unit. Selanjutnya di Desa Pasir Sialang Jaya, Kecamatan Lirik sebanyak 20 unit. 


"Untuk kecamatan lainnya akan diusulkan secara bertahap," imbuhnya.


Lebih jauh Teguh menyampaikan pembangunan rumah layak huni yang bersumber dari dana APBN terdapat di sembilan kecamatan dan 12 desa. Seperti di Kecamatan Rakit Kulim terdapat sebanyak 16 unit, Kecamatan Peranap sebanyak 8 unit, Kecamatan Rengat Barat sebanyak 8 unit.


Sedangkan di Kecamatan Lubuk Batu Jaya terdapat sebanyak 27 unit, di Kecamatan Batang Cenaku terdapat sebanyak 17 unit, di Kecamatan Pasir Penyu sebanyak 10 unit. Sedangkan di Kecamatan Seberida sebanyak 27 unit, di Kecamatan Kelayang sebanyak 23 unit dan Kecamatan Sungai Lala sebanyak 6 unit. 

“Ada di beberapa kecamatan terdapat dua sumber dana. Hal ini sesuai dengan kebutuhan,” tambahnya.

Pria yang dikenal ramah ini juga mengatakan upaya penuntasan rumah layak huni untuk warga kurang mampu ini secara bertahap terus digesa. Walaupun pembangunan rumah layak huni yang dibangun saat ini sudah melebihi dari target.

Pada tahun ini Dinas Perakakim juga melaksanakan program penyedia infrastruktur di kawasan perumahan. Pembangunan infrastruktur tersebut berupa  jalan dan dreinase dengan anggaran mencapai Rp 18 miliar lebih.

Pembangunan infrastruktur ini sebagai penunjang pemukiman. “Penunjang pemukiman ini juga tidak terlepas dari dukungan Dinas PU khususnya bidang Cipta Karya,” terangnya.  (***)





R24/fer
 
 
 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru