riau24 Utang Negara Tembus Rp3.672 Triliun, Menko Luhut: Masih Sangat Kecil! | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Nasional

Utang Negara Tembus Rp3.672 Triliun, Menko Luhut: Masih Sangat Kecil!

1
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan
Berita Riau -  Utang Negara Tembus Rp3.672 Triliun, Menko Luhut: Masih Sangat Kecil!
Jakarta, Riau24.com -Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mencatat utang Indonesia hingga Mei 2017 sebesar Rp3.672,33 triliun. Utang tersebut terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp2.943,73 triliun (80,2%) dan pinjaman sebesar Rp728,60 triliun (19,8%).

Kendati posisi utang meningkat kurang lebih Rp1.000, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan bahwa rasio utang Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) masih tergolong kecil dibandingkan dengan negara lainnya.

Dia merinci, rasio utang Malaysia dan Thailand mencapai 40% dari PDB. Bahkan, rasio utang negara maju seperti Amerika Serikat (AS) berada di posisi 100% dari PDB, serta Jepang sudah menyentuh angka 200% dari PDB.

Oleh karena itu, Luhut pun menjamin optimis utang Indonesia masih dalam posisi aman. Sementara Indonesia, hanya memiliki rasio utang terhadap PDB sebesar 27,5%. "Kita punya utang masih tergolong sangat kecil dibanding negara lain, 27,5% dibanding PDB," ujarnya dilansir dari Okezone Senin 17 Juli 2017.

Ibarat pedagang, Luhut mengatakan tidak mungkin mengembangkan sebuah negara hanya dengan mengandalkan aset yang dimiliki. Menurut dia, yang perlu digarisbawahi adalah selama utang tersebut dialokasikan untuk hal yang bersifat produktif, maka utang tidak akan merugikan. "Kalau Anda pedagang apa semua bisa memakai equity? Yang jadi masalah adalah bagaimana pinjaman anda produktif," tegas dia.

Luhut menambahkan, utang yang dimiliki oleh pemerintah digunakan untuk proyek-proyek yang memberikan keuntungan negara dalam jangka panjang, salah satunya proyek LRT. Sehingga, dia mengharapkan semua pihak untuk tidak membesarkan masalah besaran utang negara. "Proyek LRT bahkan bisa mmberikan return sendiri, bisa mencapai 12%. Dia bisa menyervis dirinya sendiri," tukas dia.(***)


R24/iko

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 01 Desember 2017 13:02 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/2o0BiA0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru