riau24 Inilah 9 Fakta Soal Siput Yang Tak Banyak Orang Tau, Mematikan dan Punya 14 Ribu Gigi | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

TAHUKAH ANDA

Inilah 9 Fakta Soal Siput Yang Tak Banyak Orang Tau, Mematikan dan Punya 14 Ribu Gigi

1
Foto: net
Berita Riau -  Inilah 9 Fakta Soal Siput Yang Tak Banyak Orang Tau, Mematikan dan Punya 14 Ribu Gigi
Riau24.com- Siput terkenal sebagai hewan yang berjalan sangat lambat dan merupakan hama tanaman. Namun tahukah Anda, ternyata ada beberapa fakta soal siput yang selama ini tak banyak diketahui oleh orang banyak.


Apa sajakah itu? Berikut ulasannya seperti dilansir IDNTimes, Senin 17 Juli 2017:


1. Hewan yang bisa berumur panjang jika dibandingkan binatang lain.

Lama hidup siput tergantung pada tiap jenis spesies spesifiknya dan di habitat mana tempat mereka tinggal. Beberapa hanya bisa hidup selama 5 tahun. Sedangkan jika cukup beruntung, ada yang bisa hidup hingga 25 tahun.


2. Ternyata siput juga punya kaki. 

Mungkin siput memang terlihat hanya bergerak meluncur dengan satu kaki. Namun ternyata ada satu otot panjang utama di bagian terdepan yang mereka gunakan untuk menggenggam dan menarik badan mereka di atas permukaan tanah.


3. Hewan yang gak beracun? Yakin?

Spesies siput air sebagian besar beracun tapi sebagian besar siput darat tidak. Kalau kamu sakit setelah memakan siput darat, kemungkinan karena cara masaknya gak benar atau kamu memiliki alergi tertentu. Siput kerucut laut adalah salah satu hewan paling mematikan di dunia. Hanya dengan satu sengatan bisa menyebabkan kematian.


4. Saling mendukung sesama siput lain untuk bergerak lebih cepat.

Lendir yang ditinggalkan siput di tanah itu akan melicinkan tempat berjalan mereka dan membiarkan mereka meluncur dengan gesekan seminimal mungkin. Dengan fungsi tubuh ini pun, siput sering terlihat berjalan bersama dan membentuk jalur untuk saling mempercepat jalan siput lainnya melalui lendir yang mereka tinggalkan.


5. Hewan yang super selaw.

Terlepas dari lendir yang membuat mereka bergerak lebih cepat, sudah bukan rahasia bahwa siput adalah salah satu hewan terlambat di dunia. Mereka biasanya bergerak dalam kecepatan yang stabil tapi bisa mencapai kecepatan sekitar 46 m/jam atau sekitar 1,3 cm/detik.


6. Kamu bisa memakan lendir yang ditinggalkan siput.

Ya, kamu bisa memakan lendir yang ditinggalkan oleh siput. Ada mitos yang beredar bahwa lendir siput menyebabkan makanan jadi gak bisa dimakan. Namun ternyata dengan penanganan yang benar, lendir ini bisa dimakan kok. Beberapa penelitian menemukan bahwa lendir siput ini bermanfaat untuk mengatasi sakit maag atau tukak lambung.


7. Hampir gak punya daya penglihatan apalagi pendengaran.

Siput hampir sepenuhnya buta dan gak punya mekanisme pendengaran sama sekali. Dengan kekurangan ini, mereka punya kemampuan penciuman yang luar biasa. Mereka bahkan bisa mencium keberadaan makanan sejauh beberapa meter, yang untuk hewan ukuran mereka itu termasuk jarak yang jauh.


8. Kalau pergi ke dokter gigi, biaya untuk siput pasti super mahal sekali.

Kamu mungkin gak terpikir saat melihat siput, tapi mereka memang memiliki gigi. Rata-rata siput kebun mempunyai 14.000 gigi. Gigi tersebut digunakan untuk mengerat dan memotong makanan. Gigi-gigi tersebut teratur secara baris-berbaris dalam bentuk radula. Radula umumnya memiliki 120 baris dengan kumpulan 100 gigi masing-masingnya, untuk yang giginya berjumlah 12.000. Beberapa spesies bahkan memiliki 20.000 gigi. Peletakan gigi dan bentuknya bervariasi tiap tipenya.


9. Ada cara pemusnahannya yang unik melihat potensinya sebagai hama pertanian.

Ada fakta unik tentang siput di Florida dalam pembasmian siput besar sebagai hama, yaitu dengan menggunakan bantuan anjing labrador. Sebanyak 128.000 siput tertangkap dalam program tersebut. Menurut Richard Gaskalla, kepala industri pertanian dalam Florida Agriculture Department, Labrador sangat jago dalam berburu siput Afrika raksasa.

 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 01 Desember 2017 13:02 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/2o0BiA0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru