riau24 Wabup Rohil Buka Rapat Pembekalan Pemilihan Penghulu Serentak Tahap 2 | Berita Riau
Jumat, 21 Juli 2017

Kegiatan Wakil Bupati

Wabup Rohil Buka Rapat Pembekalan Pemilihan Penghulu Serentak Tahap 2

0
Wabup Rohil Buka Rapat Pembekalan Pemilihan Penghulu Serentak Tahap 2
Berita Riau -  Wabup Rohil Buka Rapat Pembekalan Pemilihan Penghulu Serentak Tahap 2
Rohil, Riau24.comWakil Bupati (Wabup) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Jamiludin secara langsung membuka rapat pembekalan panitia pemilihan dan panitia pengawas pelaksana pemilihan penghulu secara serentak se - Kabupaten Rohil tahap 2 di Gedung Serbaguna, Jalan Utama, Bagansiapiapi, Selasa, 18 Juli 2017.

Dalam kegiatan ini turut didampingi oleh Kadis PMD, Jasrianto dan dihadiri oleh seluruh panitia pemilihan dan panitia pengawas pemilihan masing - masing kepenghuluan sebanyak 101 kepenghuluan se-Kabupaten Rohil.

Dalam sambutannya, Wabup Jamiludin meminta agar terjadinya koordinasi yang baik selama proses pemilihan penghulu yang akan berlangsung nantinya pada 6 Desember 2017.

Wabup Drs Jamiludin berharap melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu bagi peserta serta mengedepankan profesionalitas dalam bekerja dengan mempedomani ketentuan dan hukum yang ada dalam melaksanakan tugas dan dapat memberikan pelayan terbaik.

"Jangan ada kebingungan ketika nanti di lapangan, koordinasi nanti dengan Kadis PMD. Ini ada pula yang datang ke saya mengadu," ujar politisi PDIP itu.

Mantan Wakil Ketua DPRD Rohil itu juga meminta kepada seluruh panitia pemilihan penghulu tetap konsisten sesuai tugas dan fungsi (tupoksi)nya tanpa adanya istilah "menggolkan" salah satu calon. Akan tetapi jika memang ingin mendukung salah satu calon cukup didalam kotak suara saja dan itu dianggap hal yang wajar-wajar saja.

Wabup juga mengatakan pihak kepenghuluan bisa mengajukan dana pelaksanaan pilpeng sebesar Rp100 juta jika jumlah penduduknya diatas 4000 jiwa. Akan tetapi jika jumlah penduduknya dibawah 4000 jiwa maka anggarannya dibawah Rp 100 juta atau maksimal sebesar Rp 56 juta.

"Nah, dana itu jangan coba-coba disulap atau diselewengkan jika yang bersangkutan tidak ingin diproses oleh penegak hukum," tegasnya.

Disamping itu, Wabup juga mengingatkan kepada calon penghulu tidak saling menjatuhkan satu dengan yang lainnya. Apalagi sebutnya Pilpeng yang digelar suatu pesta demokrastis sesaat dan biarlah proses itu berjalan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada.

"Setiap calon penghulu itu bisa dipastikan saling mengenal dan ada hubungan kekeluargaan satu dengan yang lainnya. Makanya kita minta para calon yang akan mengikuti pilpeng untuk tidak saling menjatuhkan, karena pilkades merupakan sebuah demokrasi yang harus dihormati dan biarlah prosesnya berjalan sesuai dengan ketentuan berlaku, "pesannya.

Dirinya juga mengingatkan, tujuan untuk maju dalam pilpeng untuk mengabdi dan bukan untuk mencari musuh, apalagi nantinya tidak menerima hasil akhir. Mantan wakil ketua DPRD Rohil itu juga berkeyakinan setiap calon didesanya masing-masing yang maju pasti ada bersaudara dan juga sangat perlu dijaga agar jangan sampai ada perselisihan yang terjadi.

"Pilkades ini sebentar saja dan siapa yang akan memimpin itu sudah digariskan, usai Pilkades nanti harus tetap rukun dan saling mendukung untuk membangun desa. Terkait Antusiasnya yang ingin maju sebagai calon penghulu sejauh ini saya tidak tau, apakah itu karena ingin mengabdi atau karena tergiur oleh anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD)," Ungkapnya.

Namun, ia memberikan peringatan kepada siapapun penghulu yang duduk jangan sampai salah dalam menggunakan dana desa dan harus jelas Surat Pertanggungjawaban (SPJ)nya. Jika kegunaanya tidak jelas, maka siap-siaplah berurusan dengan pihak penegak hukum," Ingatnya sembari mengatakan kekesalannya terkait adanya eks penghulu dibui karena diduga masalah dana ADD dan DD tahun 2015 dan 2016 lalu," pungkasnya sembari berdoa datuk penghulu yang terpilih nantinya adalah yang terbaik bagi masyarakat.       (***)



R24/msy

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru