riau24 Perda Perangkat Desa Tidak Masuk Prioritas, DPRD Inhu Sibuk Bahas Ranperda Inisiatif | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

DPRD Indragiri Hulu

Perda Perangkat Desa Tidak Masuk Prioritas, DPRD Inhu Sibuk Bahas Ranperda Inisiatif

0
Perda Perangkat Desa Tidak Masuk Prioritas, DPRD Inhu Sibuk Bahas Ranperda Inisiatif
Berita Riau -  Perda Perangkat Desa Tidak Masuk Prioritas, DPRD Inhu Sibuk Bahas Ranperda Inisiatif
Inhu, Riau24.com -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hulu (Inhu) saat ini masih disibukkan dengan pembahasan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), yakni Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan APBD tahun 2016 dan Ranperda Inisiatif dewan tentang Hak Adiministratif dan Keuangan pimpinan dan anggota DPRD Inhu.

Sementara lima Ranperda lain, termasuk Ranperda tentang pengangkatan perangkat desa masih belum tuntas pembahasannya hingga kini.



Kata Ketua Badan Program Pembentukan Perda DPRD Inhu, Marlius sebelum bulan puasa kemarin pihaknya sempat membahas lima Ranperda. Namun pada semenjak pertengahan Juli 2017, DPRD Inhu membentuk empat pansus untuk menbahas dua Ranperda. 


"Tiga pansus untuk membahas Ranperda Pertanggungjawaban Penggunaan APBD 2016 dan satu pansus membahas Ranperda Inisiatif," ujar Marlius, Selasa 17 Juli 2017.


Selain itu, lanjut Marlius, DPRD Inhu juga sudah menerima berkas KUAPPAS untuk APBD 2018. Sehingga selesai pembahasan dua Ranperda itu, DPRD Inhu akan disibukkan dengan pembahasan KUAPPAS tahun 2018. 



"Karena itu kita sampai saat ini masih sibuk, jadi jangan dipikir kita bukan berleha-leha," sebut Marlius.


Sementara itu, ketika ditanyakan soal Ranperda Pengangkatan Perangkat Desa, Marlius menjamin akan selesai dibahas sebelum akhir tahun.


Seperti diketahui, bahwa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Inhu direncanakan digelar pada Desember 2017 mendatang. Saat ini Kabag Hukum dan Kabag Pemerintahan Desa Setdakab Inhu sudah merampungkan Peraturan Bupati (Perbup) mengenai Pilkades. Untuk pengesahannya, Perbup itu akan segera dikirimkan ke Provinsi.


Kabag Hukum Setdakab Inhu, Afrizon Rizal menyampaikan apabila pembahasan Ranperda tentang pemilihan dan pengangkatan perangkat desa itu tuntas maka selanjutnya akan dilakukan paripurna pengesahan.    (***)



R24/fer
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru