riau24 Diskopindag Kuansing Kembangkan Usaha Kerupuk Tempe | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Diskopindag Kuansing Kembangkan Usaha Kerupuk Tempe

0
Salah satu usaha kerupuk tempe yang dibina Diskopindag Kabupaten Kuantan Singingi
Berita Riau -  Diskopindag Kuansing Kembangkan Usaha Kerupuk Tempe
Kuansing-Riau24.com-Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Kuantan Singingi benar-benar ingin mengembangkan home industry (industry rumah tangga) berupa usaha kerupuk tempe, yang langsung di kelola oleh masyarakat sebagai mata pencaharian sampingan.

Akan tetapi apabila usaha kerupuk tempe ini mampu dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan berkembang dan menjadi usaha yang sangat menjanjikan dan mampu menyedot jumlah tenaga kerja yang cukup banyak.

Sebab kerupuk tempe adalah produk industri rumahan yang dikelola oleh Naura (40) warga desa Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, dimana baru menggeluti usahanya sekitar setahun lalu (2014). Awalnya Naura sang pemiliki usaha kerupuk tempe memulai dari Batam, akan tetapi kemudian pindah ke daerah ini untuk melanjutkan kembali usaha yang pernah digelutinya dulu.

" Tempe diiris tipis dicelupkan ke adonan tepung terigu encer, lalu digoreng dengan minyak kelapa hingga kering. Hasilnya adalah keripik renyah yang gurih dan lezat. Produk kerupuk tempe di Desa Seberang Pantai menjadi industri rumahan yang dikelola kaum perempuan, dan kerupuk tempe yang sudah digoreng lalu dibungkus dalam kemasan plastik berisi kurang lebih 5-7 buah.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Industry dan Perdagangan Kabupaten Kuantan Singingi, H. Tarmis, S. Pd, MH melalui Kepala Bidang Industry Drs. Eka Harputra diruang kerjanya menyebutkan, bahwa usaha kerupuk tempe yang dikelola naura (40) dengan nama Home Industry Naura beralamat di Desa Seberang Pantai Kuantan Mudik merupakan sangat baik dan sangat perlu dikembangkan. Makanya Diskopindag sangat tertarik dan berusaha untuk mengembangkan agar lebih maju.

" Kita ingin mengembangkan usaha kerupuk tempe sebagai home industry, agar nantinya bisa berkembang lebih pesat dan lebih maju," Paparnya.

Sedangkan mengenai peralatan yang dimiliki oleh Home Industry Naura tersebut, dinilai cukup lengkap dan hanya tinggal minta di bina dan dikut sertakan dalam pelatihan, selain itu juga minta produk izin rumah tangga, Tukasnya. R24/mrd/replizar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru