riau24 Masya Allah! 3 Perbuatan Sepele Yang Sering Kita Lakukan Ini Dapat Memperberat Siksa Kubur | Berita Riau
Senin, 21 Agustus 2017

Kajian Islam

Masya Allah! 3 Perbuatan Sepele Yang Sering Kita Lakukan Ini Dapat Memperberat Siksa Kubur

0
ilustrasi
Berita Riau -  Masya Allah! 3 Perbuatan Sepele Yang Sering Kita Lakukan Ini Dapat Memperberat Siksa Kubur
Riau24.com- Pernahkah Anda membayangkan, apa yang akan terjadi ketika kita berada di alam kubur? Alam kubur merupakan pintu tempat transit sebelum umat manusia memasuki dan menjalani kehidupan yang kekal dan abadi yaitu alam akhirat. Ternyata kenikmatan dan azab di alam kubur bukanlah sekedar isapan jempol. Bahkan, kelak kita juga akan dihadapkan pada kenyataan bertemu dua malaikat yang akan memberikan beberapa pertanyaan. Setelah berada alam kubur, manusia dapat melihat apakah dia akan masuk atau neraka.


Apabila seorang mukmin itu beramal shaleh maka alam kuburnya akan diperluas oleh Allah SWT, seluas mata dia memandang dan diperlihatkannya surga yang menjadi tempat abadinya kelak. Sebaliknya apabila seorang mukmin banyak melakukan amal perbuatan dosa maka Alam kuburnya akan dipersempit, bahkan bumi terasa akan menghimpit jasadnya dialam kubur serta akan diperlihatkannya Neraka sebagai tempat akhirnya kelak. Azab kubur diperuntukkan bagi orang kafir dan orang mukmin yang banyak melakukan dosa kepada Allah semasa hidupnya.

Tahukah Anda jika ada beberapa kebiasaan yang dianggap sepele, tapi justru memperberat azab kubur. Daripada penasaran, mending simak Tiga hal sepele Ini Dapat Memperberat Siksa Kubur berikut ini :


Ghibah

Allah melarang kita untuk membicarkan orang lain sesama muslim dengan membuka mengungkit keburukan atau aibnya. Hal seperti ini selain tidak bermanfaat, berdosa juga merupakan satu bahaya jika membuka aib saudara sendiri. Terkadang pembicaraan yang mengarah menjelek-jelekan kemudian menjadi hal yang serius, jika tidak ada manfaatnya bisa membuat efek luar biasa dalam hubungan baik dengan saudaranya itu. Allah sendiri memberikan perumpamaan bahwa siapa yang suka ghibah maka diakan sama dengan memakan daging saudaranya sendiri. Maka dari itu Allah mengancam dengan memberi azab Kubur kepada orang muslim seperti ini.


Namimah

Namimah atau Memfitnah adalah dosa besar yang akan menyebabkan pelakunya diazab dalam kuburnya Allah tidak mengampuninya. Tapi Seorang Muslim biasanya menganggap sepele hal ini. Namimah adalah perbuatan yang sangat tercela dan berbahaya yang dapat merusak persahabatan dan persaudaan seoarang muslim dengan muslim lainnya. Bagaimana tidak merusak persaudaraan, perbuatan ini (memindahkan) ucapan seseorang kepada orang lain dengan tujuan merusak hubungan atau persaudaraan di antara keduanya dan biasanya ditambahkan dengan sumpah palsu untuk meyakinkan apa yang disampaikannya itu.
Dosa ini juga sangat sulit untuk pertaubatannya. Disamping harus bertaubat kepada Allah, Ahli Namimah harus juga meminta maaf kepada orang yang pernah di fitnahnya itu.


Kurang Menjaga kesuciannya Usai Buang Air Kecil

Hal ini berdasarkan 2 hadits nabi sebagai berikut "Sesungguhnya keduanya (penghuninya) sedang mendapat siksa. Keduanya tidak disiksa karena perkara yang besar. Adapun salah satunya karena tidak menutupi (dengan bersih) dari kencingnya. Adapun yang kedua karena sering namimah (menjelekkan orang lain)". (HR. Bukhori: 218). Beliau juga bersabda, "Bersihkan dirimu dari kencing, sebab kebanyakan siksa kubur disebabkan olehnya." (HR ad-Daraqutni).

Berdasarkan diatas, sekarang Anda tahu apa saja hal sepele yang mengakibatkan Anda mendapatkan Siksa dia alam kubur, berhati hatilah menjalani hidup anda, karena Kehidupan anda tidak pernah kembali. Jangan lakukan hal tersebut diatas, taati perintahnya dan raih surganya!***

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru