riau24 Kartini: Pertumbuhan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan Harus Saling Dukung | Berita Riau
Senin, 21 Agustus 2017

Riau

Kartini: Pertumbuhan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan Harus Saling Dukung

0
Seminar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim
Berita Riau -  Kartini: Pertumbuhan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan Harus Saling Dukung
Riau24.com- Provinsi Riau saat ini mendapat tantangan yang besar dalam mengembangkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), serta upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
 
Dengan luas area yang hampir separuhnya merupakan lahan gambut, adalah salah satu tantangan utama bagi Riau dalam menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, sosial dan lingkungan.
 
Alasan itulah, Yayasan Dr Sjahril mengadakan seminar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim: Tantangan dan Peluang di Provinsi Riau.
 
Menurut Pembina Yayasan Dr Sjahrir, Kartini Sjahrir mengatakan, emisi gas rumah kaca nasional sebagian besar berasal dari pengelolaan lahan dan hutan yang belum berkelanjutan.
 
"Karena itu, pemanfaatan dan pengelolaan lahan gambut yang tepat, dipandang sebagai solusi pertumbuhan yang memperhatikan keseimbangan, baik dari sisi lingkungan dan sosial," kata Kartini, Kamis, 9 Agustus 2017.
 
Selain itu, katanya, upaya pertumbuhan ekonimi dan upaya pelestarian lingkungan itu harus bisa saling mendukung. Dia mencontohkan seperti pemanfaatan tanaman sagu di Riau.
 
Dia juga menyebutkan, sagu ini sendiri dapat memberikan penghasilan yang signifikan bagi masyarakat Riau. Selain itu, tanaman sagu itu dapat menjadi alat intuk mengurangi emisi karbon. 
 
"Terlebih lagi Di Riau sendiri memang sudah lama terkenal sebagai daerah penghasil sagu yang berpotensi ekspor," tambahnya.
 
Dia kembali mencontohkan, lahan gambut yang bisa digunakan untuk tumpang sari, misalnya untuk nanas, kelapa atau kelapa sawit.
 
"Jadi lahan bisa dioptimalkan, sekaligus melakukan konservasi. Untuk itu dibutuhkan teknologi," ungkap Kartini.
 
R24/ibl
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru