riau24 GAPKI Klaim, Tidak Ada Laporan Konsesi Perusahaan Anggota Terkena Api | Berita Riau
Senin, 21 Agustus 2017

GAPKI Riau

GAPKI Klaim, Tidak Ada Laporan Konsesi Perusahaan Anggota Terkena Api

0
Presco Gapki Bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman
Berita Riau -  GAPKI Klaim, Tidak Ada Laporan Konsesi Perusahaan Anggota Terkena Api
Riau24.com- Ketua umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono mengingatkan kepada seluruh anggotanya, untuk tidak main-main dengan masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
 
"Seharusnya, para anggota GAPKI untuk membantu dan mengatasi kebakaran lahan yang terjadi di luar konsesi perusahaan," katanya, Jumat, 11 Agustus 2017.
 
Dia mengatakan, persoalan kebakaran merupakan masalah bersama dan GAPKI harus berkomitmen untuk all out membantu pemerintah mengatasi karhutla.
 
Dikatakan dia, selama ini sektor perkebunan kelapa sawit kerap menjadi sorotan setiap terjadi kebakaran lahan, termasuk di Riau. Selain itu, perusahaan perkebunan kelapa sawit juga harus proaktif mencegah terjadinya kebakaran di lahan masyarakat.
 
"Kalau perusahaan membakar lahan saya pastikan tidak mungkin, karena itu melanggar hukum dan konsekuensi sangat berat. Tetapi jika terkena api akibat kebakaran di luar konsesi, perusahaan dianggap lalai dan tetap kena sanksi," tambahnya.
 
Untuk itu, butuh kewaspadaam dan kesiapsiagaan perusahaan sawit dalam mencegah terjadinya kebakaran harus terus ditingkatkan. Terlebih lagi, saat ini telah memasuki musim kemarau yang lebih rentan munculnya tituk api.
 
"Alhamdulillah, tahun 2016 dan 2017 ini belum ada laporan yang masuk bahwa ada konsesi anggota GAPKI di Riau yang kena api," paparnya.
 
Saat ini, pihaknya juga telah membentuk 350 desa peduli api di seluruh Indonesia. Jumlah desa tersebut akan terus bertambah di seluruh Indonesia.
 
"Seluruh anggota GAPKI juga harus meningkatkan kerjasama dan kordinasi dengan pemerintah, BNPB dan seluruh aparat Polri dan TNI," tutupnya.
 
R24/ibl
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru