riau24 Jangan Sepelekan Jantung Berdebar, Waspadai Penyakit Ini | Berita Riau
Sabtu, 19 Agustus 2017

Kesehatan

Jangan Sepelekan Jantung Berdebar, Waspadai Penyakit Ini

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Jangan Sepelekan Jantung Berdebar, Waspadai Penyakit Ini
Riau24.com- Mulai sekarang, jangan pernah sepelekan jika jantung Anda berdebar kuat. Sebab, menurut Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, SpJP(K) dari RS Jantung Harapan Kita, bisa jadi itu adalah gejala aritmia.

Aritmia merupakan salah satu gangguan jantung yang paling sering menyebabkan kematian mendadak. Selain jantung berdebar, aritmia juga ditandai dengan keleyengan, pingsan hingga stroke.

"Ada aritmia yang gejala pertamanya adalah stroke, ada juga jantung berdebar atau langsung mengalami kematian mendadak," ujar Prof Yoga pada temu media di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta, seperti dilansir suara.com, Jumat 11 Agustus 2017.

Namun kabar baiknya, kata dia, kondisi aritmua bisa dideteksi dini. Salah satunya dengan tidak menganggap enteng jantung berdebar. Aritmia yang paling banyak ditemukan adalah fibrilasi atrium (FA). Pada kondisi FA, jika berdebar sudah berlangsung dua hari, maka pada hari ketiga pasien bisa mengalami stroke.

"Hanya butuh 48 jam untuk FA bisa membuat stroke. Karena gumpalan darah yang terbentuk lepas ke otak dan memicu stroke," tambah Prof Yoga.

Lalu kondisi jantung berdebar seperti apa yang harus diwaspadai? Ia menyebut jantung berdebar yang harus diwaspadai adalah tidak hanya terbatas pada denyut jantung yang cepat. 

Pasien mengeluh berdebar ketika denyut jantungnya cepat maupun lambat, tidak teratur, terasa lebih kuat, ada jeda bahkan saat terasa sakit dada.

"Gejalanya hanya debar dan biasanya debarnya dikatakan ada waktu dia seperti drum bertalu-talu. Di lain waktu ada jeda atau hilang sebentar, ireguler," jelas Prof Yoga.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru