riau24 Asteroid Seukuran Rumah Akan Sangat Dekat Dengan Bumi Oktober Mendatang | Berita Riau
Sabtu, 19 Agustus 2017

Antariksa

Asteroid Seukuran Rumah Akan Sangat Dekat Dengan Bumi Oktober Mendatang

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Asteroid Seukuran Rumah Akan Sangat Dekat Dengan Bumi Oktober Mendatang
Riau24.com- Sebuah asteroid seukuran rumah akan sangat dekat dengan Bumi pada bulan Oktober 2017 mendatang. Peristiwa ini dapat memberi kesempatan pada ilmuwan untuk mencoba sistem pertahanan planet mereka.

Asteroid, yang dikenal sebagai TC4 2012, pertama kali ditemukan oleh observatorium Pan-STARRS di Hawaii pada tahun 2012. Namun, orbitnya tidak dapat dilacak, seperti dilansir suaracom, Sabtu 12 Agustus 2017.

Observasi awal menunjukkan bahwa ia bisa mendekati sejauh 7.500 mil dari permukaan bumi. Artinya, berada di dalam lingkaran satelit geostasioner.

Namun, pengamatan baru oleh Very Large Telescope European Southern Observatory di Chile mengungkapkan bahwa planet tersebut akan berjarak 27.000 mil dengan planet kita atau kira-kira seperdelapan jarak ke Bulan.

Asteroid diperkirakan berukuran antara 30 dan 100 kaki (10 sampai 30 meter) dan menempuh jarak sekitar 30.000 mph (14 kilometer per detik).

Jika sebuah asteroid seukuran ini memasuki atmosfer kita, efeknya akan serupa dengan meteor Chelyabinsk, yang meledak dalam ledakan udara di Oblast Chelyabinsk, Rusia, pada bulan Februari 2013.

Meteor tersebut menghasilkan kilasan yang terang dan menghasilkan awan debu dan gas yang panas. Sebagian besar energi benda itu diserap atmosfer, namun beberapa saksi mata merasakan panas yang hebat dari bola api.

Para ilmuwan berencana menggunakan flyby dekat TC4 2012, untuk menguji sistem pertahanan planet mereka. Langkah ini juga untuk persiapan jika mendapatkan ancaman asteroid yang sesungguhnya.

"Para ilmuwan selalu ingin mengetahui kapan sebuah asteroid akan mendekati dan melewati Bumi dengan aman karena mereka dapat melakukan persiapan untuk mengumpulkan data untuk dikarakterisasi dan dipelajari sebanyak mungkin mengenai hal itu," kata ilmuwan program NASA Michael Kelley.

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru