riau24 Korsel Latih Warganya Hadapi Serangan Korut | Berita Riau
Senin, 21 Agustus 2017

Internasional

Korsel Latih Warganya Hadapi Serangan Korut

0
Korsel Latih Warganya Hadapi Serangan Korut
Berita Riau -  Korsel Latih Warganya Hadapi Serangan Korut
Riau24.com- Krisis nuklir Korea Utara (Korut) membuat Semenanjung Korea semakin panas. Hingga kemarin, Jumat 11 Agustus 2017, Washington dan Pyongyang terus saling gertak.


Korea Selatan (Korsel) yang mau tak mau bakal terimbas konflik Amerika Serikat (AS) dan Korut itu mulai bersiap menghadapi situasi darurat.


Saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump terlibat perang syaraf dengan rezim Kim Jong-un, Korsel mengambil langkah yang lebih nyata. Yakni, melatih persiapan warga sipil dalam menghadapi situasi darurat alias perang nuklir.


Latihan besar-besaran diselenggarakan pada 23 Agustus mendatang bersamaan dengan Ulji Freedom Guardian atau latihan militer gabungan AS dan Korsel.


Tujuan latihan sipil itu, menurut Shim Kang-cheon, pejabat pemerintah di Kota Seoul, adalah mempersiapkan fisik dan mental warga dalam situasi darurat. Juga, menyosialisasikan lokasi bungker-bungker bom nuklir yang tersebar di seantero ibu kota.


Total, jumlah bungker yang dikelola pihak swasta tersebut mencapai 3.200 ruangan. Di sana, terdapat perlengkapan darurat dalam jumlah sedikit. Salah satunya adalah masker anti-gas.


Shim menyatakan bahwa latihan sipil tahun ini melibatkan peserta terbanyak. Tahun lalu hanya lima di antara total 25 distrik di Seoul yang ikut serta. Kini seluruh distrik terlibat.


’’Karena Korut sangat dekat dengan garis merah yang sebentar lagi mereka langgar, pemerintah Seoul wajib mempersiapkan diri dengan sangat baik,’’ ungkap Wali Kota Park Won-soon dilansir dari Reuters yang disalurkan oleh JPNN Sabtu 12 Agustus 2017.


Dalam latihan berdurasi lima menit tersebut, warga dilatih tanggap situasi. Begitu mendengar bunyi sirene dari radio, warga harus meninggalkan seluruh aktivitas mereka. Orang-orang yang menyetir pun harus menghentikan mobil mereka.


Setelah itu, mereka harus mencari papan atau tanda bertulisan selter dan mengikuti petunjuk arah. Plang tersebut akan mengantarkan mereka ke bungker. (***)


R24/iko

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru