riau24 Komputer Berjalan Lambat? Coba Normalkan Dengan Cara Sederhana Ini | Berita Riau
Senin, 21 Agustus 2017

TAHUKAH ANDA

Komputer Berjalan Lambat? Coba Normalkan Dengan Cara Sederhana Ini

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Komputer Berjalan Lambat? Coba Normalkan Dengan Cara Sederhana Ini
Riau24.com- Komputer yang berjalan lambat kadang membuat kita menjadi kesal saat menggunakannya, sebab komputer merupakan alat yang digunakan untuk bekerja bagi sebagian besar orang.


Dilansir suaracom, Ahad 13 Agustus 2017, untuk membuat performa komputer kembali berjalan normal, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan.


1. Uninstall program tidak terpakai

Banyak dari pengguna komputer tidak sadar mereka terlalu banyak memasang program di komputer. Terlalu banyak program dapat membuat komputer berjalan lambat. Pasalnya, beberapa program tetap berjalan di background, bahkan ketika tidak digunakan.

Untuk menghilang program yang tidak diinginkan, Anda dapat melakukan proses uninstall. Jika tidak ingin repot, Anda dapat gunakan pihak ketiga seperti PC Decrapifier, yang dapat mendeteksi program yang jarang digunakan.

2. Hapus file sampah

File sampah biasanya terkumpul dihard disk, tanpa kita sadari. Menyingkirkan file-file ini, termasuk riwayat internet dan cookies Anda, dapat memberi ruang hard disk yang lebih besar dan mempercepat PC Anda.

Untuk menghapusnya, buka 'My Computer' dan pilih drive lokal Anda (biasanya C: ). Pilih folder 'Windows' dan kemudian buka folder berjudul 'Temp'. Klik kanan pada folder tersebut, dan pada opsi 'View', pilih 'Details'. Setelah selesai, tekan tombol hapus.


3. Jalankan defragmentasi
Proses ini dapat membuat hard drive di komputer Anda dapat berjalan secara lebih efisien. Alhasil, komputer Anda dapat berjalan lebih lancar.

Anda hanya perlu pergi ke 'My Computer, klik kanan pada hard drive dan pilih 'Properties. Di bawah tab 'Tools' pilihlah 'Defragment Now'.


4. Bersihkan CPU dari debu

Terdengar sederhana memang,  tapi debu adalah musuh komputer Anda. Banyakya debu dapat menghambat aliran udara, yang penting untuk menjaga suhu komputer Anda turun. Jika komputer Anda terlalu panas, kemungkinan kinerjanya akan melambat.

Untuk membersihkannya, cukup lepaskan komponen yang menempel di CPU dan mulai membersihkan debu yang menempel. Namun Pastikan komputer Anda dimatikan setidaknya selama 30 menit dan semua kabel terputus sebelum proses pembersihan.


5. Beri IP statis pada komputer Anda

Trik lain untuk mempercepat waktu loading komputer Anda adalah memberi komputer Anda sebuah alamat IP statis yang tidak pernah berubah. Menggunakan alama IP statis akan mengurangi waktustartup Anda.

Untuk melakukan ini, kunjungi 'Network and Sharing Center', dan pilih 'Change adapter settings'. Klik kanan pada adaptor lokal Anda dan pilih 'Properties'. Anda kemudian perlu memilih "Internet Protocoal Version 4 (TCP / IPv4), dan klik tombol properties.

Di 'Use the following IP address', masukkan IP yang benar, Subnet mask, dan Default gateway yang sesuai dengan pengaturan jaringan Anda

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru