riau24 Ingin Perut Buncit Jadi Rata? Ikuti Tips Ampuh Ini | Berita Riau
Jumat, 22 September 2017

Tips

Ingin Perut Buncit Jadi Rata? Ikuti Tips Ampuh Ini

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Ingin Perut Buncit Jadi Rata? Ikuti Tips Ampuh Ini
Riau24.comPerut buncit dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu dan memalukan bagi banyak orang. Area perut adalah tempat di mana lemak paling banyak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minimal.

 

Dilansir dari laman familinia, terdapat beberapa hal yang memicu terbentuknya perut buncit, seperti kebiasaan makan camilan, kurangnya aktivitas fisik, serta konsumsi minuman beralkohol dan bersoda.

 

Seorang pria dikatakan memiliki perut buncit yang mengarah kepada obesitas bila lingkar perutnya >102cm dan parameter untuk wanita yaitu >88cm.

 

Selain bentuk tubuh menjadi tidak ideal dan sulit untuk menemukan pakaian yang pas untuk tubuh, seseorang yang memiliki perut buncit mempunyai faktor risiko yang lebih besar untuk terserang berbagai penyakit tertentu, seperti penyakit kolesterol, diabetes, dan juga penyakit jantung.

 

Oleh karena itu, perut buncit tidak boleh disepelekan begitu saja dan Anda harus mulai mengambil langkah untuk mengecilkannya. Olahraga atau aktivitas fisik yang teratur dan diet adalah dua poin penting yang harus dilakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit.

 

A. Olahraga atau aktivitas fisik

 

Olahraga menjadi salah satu langkah penting untuk mengecilkan perut buncit. Dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur, kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dapat dimetabolisme dan diubah dengan baik menjadi energi sehingga tidak tertimbun menjadi lemak.

 

Seseorang disarankan melakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit. Beberapa olahraga atau aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit yaitu senam aerobik, berenang, jogging, bersepeda, dan olahraga pembentuk otot perut.

 

B. Diet

 

Diet yang dimaksud di sini bukan berarti mengurangi frekuensi makan dalam sehari yang semula 3 kali menjadi 2 kali atau 1 kali, tetapi diet adalah cara mengatur pola makan, baik dari segi waktu, jenis makanan, dan jumlah porsi makanan.

 

Diet yang tepat untuk mengecilkan perut buncit dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

 

1. Menghitung jumlah kalori yang masuk

 

Menghitung jumlah kalori yang masuk adalah langkah pertama untuk melakukan diet secara benar. Suatu penelitian menyebutkan bahwa untuk menghilangkan 1kg lemak diperlukan pembakaran kalori sebanyak 7000 kalori.

 

Oleh karena itu, mengawasi jumah kalori yang dimakan sangat diperlukan agar kalori yang masuk tidak berlebihan. Anda perlu mengurangi setiap porsi makan Anda sebanyak 200-300 kalori dari jumlah biasanya untuk mengecilkan perut buncit Anda.

 

2. Memperbanyak konsumsi protein

 

Protein adalah nutrisi terpenting untuk mengecilkan perut buncit. Makanan tinggi protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga porsi makanan yang Anda makan pada jadwal berikutnya akan cenderung lebih sedikit. Selain itu, protein dapat meningkatkan metabolisme 80-100 kalori per harinya.

 

Makanan berprotein yang dapat Anda konsumsi meliputi telur, ikan, daging, dan produk hewani lainnya seperti susu atau keju. Namun, Anda perlu memperhatikan jika hendak memakan daging, pilihlah daging bagian has dalam yang mengandung sedikit lemak.

 

Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi produk kacang-kacangan dan susu rendah lemak yang dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat.

 

3. Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

 

Kandungan serat yang tinggi ini akan membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik sekaligus dapat melarutkan lemak. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi 14 gram serat setiap harinya dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10%, menurunkan berat badan 2 kg dalam 4 bulan, dan mengurangi 4% lemak di perut.

 

4. Membatasi jumlah asupan makanan dengan kadar gula yang tinggi

 

Gula yang terkandung dalam makanan terdiri dari 2 macam yaitu glukosa dan fruktosa, di mana fruktosa hanya dapat dimetabolisme di hati dalam takaran tertentu.

 

Jika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi, hati Anda tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa tersebut dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak yang menumpuk di perut.

 

Oleh karena itu, pembatasan makanan seperti kue, coklat, dan ice cream atau minuman bersoda dan beralkohol perlu dilakukan untuk mengecilkan perut buncit yang Anda miliki.

 

5. Tidak makan menjelang jam tidur

 

Untuk mengecilkan perut buncit, Anda sebaiknya tidak makan menjelang jam tidur. Hal ini dikarenakan waktu pencernaan makanan dalam lambung adalah 2 jam untuk selanjutnya diproses dan dimetabolisme di saluran pencernaan berikutnya.

 

Ketiadaan aktivitas menjelang jam tidur hanya akan membuat kalori yang masuk tidak diubah menjadi energi, tetapi hanya ditimbun menjadi lemak. Jika Anda memang merasa lapar, disarankan untuk mengkonsumsi sayur atau buah yang memiliki kandungan kalori yang rendah, seperti apel.

 

 


Loading...

Bagikan : #Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru