riau24 Fenomena 'Dijilat Setan', Ini Penjelasan Medisnya | Berita Riau
Jumat, 22 September 2017

TAHUKAH ANDA

Fenomena 'Dijilat Setan', Ini Penjelasan Medisnya

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Fenomena 'Dijilat Setan', Ini Penjelasan Medisnya
Riau24.com- Masyarakat Indonesia hingga kini masih memercayai beberapa mitos yang berbau gaib. Salah satu fenomena yang masih dipercayai ini adalah luka memar yang tiba-tiba muncul di kulit tanpa sebab yang jelas.


Sebagian besar orang mengatakan bahwa ini karena 'dijilat setan'. Namun ternyata, anggapan tersebut dapat dijelaskan secara medis. Begini ulasannya seperti dilansir hellosehat, 7 September 2017:


Bukan karena dijilat setan, ini penyebab kenapa kulit bisa tiba-tiba memar

Luka memar akibat ‘dijilat setan’ ini muncul sebagai bintik ungu kecil tepat di bawah permukaan kulit, yang seringnya timbul di paha, bokong, dan lengan atas. Dalam dunia medis, luka memar tiba-tiba yang muncul tanpa alasan jelas disebut dengan istilah purpura simplex. Ini adalah hal yang sangat umum terjadi.

Meskipun Anda tidak terbentur atau terjatuh, purpura simplex bisa tetap terjadi kapanpun dan di manapun. Pasalnya, memar “ajaib” ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang memang rapuh. Pecahnya pembuluh darah ini kemudian menyebabkan darah menggenang tepat di bawah kulit. Meski begitu, belum diketahui pasti apa yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan bagaimana itu bisa terjadi.

Purpura simplex lebih sering terjadi pada wanita akibat pengaruh hormon. Oleh karena itu, memar yang katanya karena ‘dijilat setan’ ini juga sering muncul bersamaan dengan siklus menstruasi atau ketika tubuh Anda sedang sangat kelelahan. Kulit yang mudah memar juga dapat dipengaruhi oleh kerja pembekuan darah yang tidak berjalan dengan baik.

Tak jarang juga, ada beberapa kondisi kesehatan serius yang bisa menjadi penyebab mengapa timbul memar tiba-tiba di tubuh Anda. Contohnya adalah hemofilia dan trombositopenia. Hemofilia adalah penyakit turunan langka yang menyebabkan darah sangat sulit membeku karena kekurangan jenis protein tertentu. Sementara itu, trombositopenia adalah suatu gangguan darah yang menyebabkan tubuh kekurangan kepingan darah (trombosit). Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya anemia, infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, leukimia, obat-obatan kemoterapi, kehamilan, dan faktor keturunan.


Konsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan memar tiba-tiba muncul

Luka memar di tubuh yang muncul tiba-tiba tanpa alasan jelas bukan disebabkan oleh “jilatan setan” atau gangguan makhluk halus lainnya. Tapi jika Anda tidak mengalami atau memiliki salah satu faktor risiko di atas, memar bisa muncul ketika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, contohnya obat jenis aspirin, warfarin, clopidogrel, dan prasurgel, yang termasuk golongan pengencer darah sehingga bisa meningkatkan volume peredaran darah. Darah yang mengalir deras bisa menggembungkan pembuluh darah sehingga pecah dan timbul memar.


Apakah kondisi ini berbahaya?

Kabar baiknya, Anda tidak perlu buru-buru mengunjungi “orang pintar” begitu ‘dijilat setan’. Purpura simplex adalah kondisi medis yang tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri tanpa diobati (jika tidak berkaitan dengan penyakit lain, ya).

Tapi ada baiknya Anda memerikasan dan berkonsultasi ke dokter perihal timbulnya memar tiba-tiba, terutama jika munculnya cukup sering. Dokter mungkin akan meresepkan Anda obat kortikosteroid. Obat ini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Setelah jumlah trombosit Anda kembali ke jumlah yang normal. Biasanya setelah mengonsumsi obat ini, 2-6 minggu kemudian bercak memar akan menghilang.

 


Loading...

Bagikan : #Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru