riau24 Perhatikan, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Anda Rentan Terkena Hepatitis | Berita Riau
Minggu, 24 September 2017

Kesehatan

Perhatikan, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Anda Rentan Terkena Hepatitis

0
Ilustrasi
Berita Riau -  Perhatikan, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Anda Rentan Terkena Hepatitis
Riau24.com- Hepatitis adalah infeksi peradangan hati serius yang merusak fungsi hati. Infeksi virus merupakan penyebab dari sebagian besar kasus hepatitis di dunia. Hepatitis virus adalah faktor risiko utama dari kanker hati.

Dilansir hellosehat, Rabu 13 September 2017, virus ini ditularkan melalui kontak langsung ataupun tidak langsung dengan cairan tubuh, seperti darah, feses, sekresi vagina, atau air mani. Anda bisa berisiko jika bekerja di rumah sakit atau di kamar bayi, atau jika Anda tanpa sadar mengonsumsi makanan yang terkontaminasi tinja saat berpergian.

Selebihnya, konsumsi alkohol atau penggunaan obat-obatan tertentu yang berlebihan juga bisa menyebabkan hepatitis. Selain itu, penekanan sistem kekebalan tubuh juga bisa menyebabkan hepatitis. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut dari berbagai macam faktor risiko hepatitis.

Apa saja yang menjadi faktor risiko hepatitis?

1. Perilaku yang berisiko

Sejumlah perilaku tertentu dapat menjadi faktor risiko hepatitis, meliputi:

Berbagi jarum suntik (medis/narkoba) dengan orang lain bisa membuat Anda terpapar darah yang terinfeksi.Menderita HIV. Jika Anda terinfeksi HIV lewat berbagi jarum suntik (medis/narkoba), menerima transfusi darah yang terkontaminasi, atau berhubungan seks tanpa kondom, risiko Anda untuk terkena hepatitis juga meningkat. Namun, paparan terhadap cairan tubuhlah yang membuat Anda berisiko, dan bukannya status HIV Anda.Tato, tindik tubuh, dan paparan jarum lainnya. Jika Anda berniat membuat tato, tindik tubuh, atau bahkan akupuntur yang tidak menggunakan jarum baru untuk setiap klien, risiko Anda untuk terkena hepatitis dan infeksi lainnya yang ditularkan melalui darah seperti HIV akan meningkat secara signifikan.Seks tanpa kondom (baik vaginal, anal dan oral). Meskipun hepatitis A dan E paling sering ditularkan melalui konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi, kontak seksual oral-anal juga bisa menularkan virus hepatitis.

2. Penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol

Obat tertentu bisa menyebabkan kerusakan hati parah jika Anda menggunakannya tak sesuai aturan, contohnya paracetamol (acetaminophen). Obat-obatan lainnya juga bisa memicu hepatitis, seperti methotrexate (Trexall, Rheumatrex), yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis dan psoriasis.

Selain obat-obatan, konsumsi alkohol jangka panjang juga dapat menyebabkan hepatitis. Orang yang paling berisiko adalah mereka yang minum sampai 100 gram alkohol setiap hari, dan rutin mengonsumsi sekitar 10 minuman beralkohol atau lebih dalam sehari,selama beberapa tahun.

3. Kondisi tempat tinggal dan tempat kerja

Kondisi tempat tinggal dan lingkungan kerja Anda bisa menjadi faktor risiko hepatitis, jika:

Anda bekerja dengan anak-anak. Ini karena setelah mengganti popok, Anda bisa lupa untuk mencuci tangan, dan bisa terpapar barang-barang yang terkontaminasi yang telah disentuh anak sebelumnya, seperti camilan, mainan, dan permukaan lainnya jika mereka lupa cuci tangan setelah buang air.Anda merawat dan tinggal bersama seseorang yang menderita hepatitis. Virus hepatitis bisa menular dari barang-barang pribadi yang digunakan bersama, seperti sikat gigi, alat cukur, atau bahkan pemotong kuku yang mungkin telah terinfeksi darah dalam jumlah kecil.Anda merupakan petugas layanan kesehatan (dokter, suster, perawat, atau bidan). Anda berisiko tinggi terhadap paparan darah pasien dan peralatan kesehatan yang terkontaminasi, misalnya jarum.

4. Kontaminasi air dan makanan

Kebanyakan kasus hepatitis A dan E ditularkan lewat konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi feses terinfeksi virus. Termasuk juga mengonsumsi buah dan sayuran segar yang mungkin dicuci dengan air yang terkontaminasi, dan makanan atau minuman yang mungkin diolah dengan air tersebut.

5. Faktor risiko hepatitis lainnya

Cara lain untuk terkena hepatitis meliputi:

Transfusi darahTerapi penekanan sistem kekebalan tubuh (hepatitis autoimun) atau kemoterapiPenularan dari ibu ke anak saat persalinan.

 


Loading...

Bagikan : #Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru