riau24 Pasangan Suami Istri Ini Sangat Harmonis, Tapi Dijamin Masuk Neraka | Berita Riau
Rabu, 20 September 2017

Kajian Islam

Pasangan Suami Istri Ini Sangat Harmonis, Tapi Dijamin Masuk Neraka

0
ilustrasi
Berita Riau -  Pasangan Suami Istri Ini Sangat Harmonis, Tapi Dijamin Masuk Neraka
Riau24.com- Dalam membangun dan membina hubungan rumah tangga, harmonis saja tidak cukup. Sebab, ada suami istri yang harmonis, saling mencintai dan tampak bahagia, namun dilaknat oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Kisah pasangan yang harmonis dan saling mencintai tapi sudah dijamin masuk neraka oleh Allah sejak mereka ada di dunia adalah kisah cinta Abu Lahab dan istrinya Ummu Jamil.

Keduanya merupakan pasangan yang sangat serasi dan sangat harmonis dipandang dari sisi hubungan suami istri. Tak hanya itu, keduanya juga seide dan seiya sekata dalam menyikapi dakwah Nabi shallallahu alaihi wasallam. Yakni sikap untuk menolak dan melawan.

Abu Lahab selalu menghalangi Rasulullah saat berdakwah. Ia selalu menghasut orang-orang Quraish untuk tidak mendengar perkataan Rasulullah, bahkan menyebut Nabi Muhammad sebagai orang sesat dan gila.

Sementara istri Abu Lahab biasa memanggul kayu berduri lalu ditebar di jalan yang hendak dilalui Nabi shallallahu alaihi wasallam untuk menganggu beliau dan para sahabatnya.

Klop sudah, sang istri menganggu dari depan, suami menggembosi dakwah Nabi shallallahu alaihi wasallam dari belakang. Pada gilirannya, kisah keduanya menjadi kisah sepasang suami istri harmonis yang paling tragis.

Keduanya telah dinash oleh Allah bakal masuk ke dalam neraka yang menyala-nyala. Bahkan tentangnya, Allah turunkan kabar kebinasaan keduanya dalam al-Qur’an yang dengan membacanya, kita mendapatkan pahala setiap hurufnya. Allah Ta’ala berfirman, “Binasalah kedua tangan abu Lahab dan Sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.” (QS al-Lahab: 1-5)

Keharmonisan sepasang suami istri di dunia berujung derita di akhirat selamanya, dan kelak keduanya akan menjadi partner dalam menambah siksa sebagaimana keduanya menjadi partner dalam kemaksiatan dan memusuhi dakwah Islam. Inilah yang terkandung dalam salah satu makna ‘hammalatal hathab’, wanita pembawa kayu bakar.

Ibnu Katsier dalam tafsirnya menjelaskan makna ini, “Istrinya senada dengan suaminya dalam kekafiran dan penentangannya. Karena itulah pada hari Kiamat ia juga akan membantu suaminya untuk membakar suaminya di neraka jahannam. Maksud pembawa kayu bakar adalah membawa kayu untuk membakar suaminya agar semakin berat siksanya.”

Di samping ada dua makna lain; makna hakiki bahwa dia membawa kayu bakar berduri untuk mengganggu dakwah Nabi, juga makna majazi yakni dia menjadi provokator yang ‘mengompori’ manusia dan suaminya untuk memusuhi Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Pada kisah pasangan ini terdapat pelajaran berharga dalam hal berkeluarga. Bahwa harmonis saja tidak cukup. Apalah artinya keharmonisan rumah tangga jika kemudian berakhir dengan derita neraka dan kelak akan menjadi musuh satu dengan lainnya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala,

Agar kita juga tidak latah meniru gaya hidup pasangan suami istri yang yang lalai dari akhirat dan hobi maksiat. Meskipun mereka tampakkan romatisme dan keharmonisannya dalam berkeluarga. Tak ada yang lebih indah dari akhlak Islam dalam berkeluarga, dan tak ada yang lebih kokoh dari pada pondasi takwa dalam membangun rumah tangga.

Demikianlah kisah Abu Lahab dan istrinya yang dikutip dari laman arrisalah.net (25/8/2016). Kesimpulannya keluarga yang dibangun melulu atas pertimbangan kecantikan, kehormatan di mata manusia, kekayaan dan tendensi dunia semata, itulah bangunan rumah tangga yang rapuh, serapuh bangunan yang dibangun di atas tepi jurang yang sedang runtuh. wallahu a’lam bishawab. ***


Loading...

Bagikan : #Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru