riau24 Menunda Mandi dan Ganti Baju Setelah Jogging Ternyata Berbahaya! | Berita Riau
Minggu, 24 September 2017

Kesehatan

Menunda Mandi dan Ganti Baju Setelah Jogging Ternyata Berbahaya!

0
ilustrasi
Berita Riau -  Menunda Mandi dan Ganti Baju Setelah Jogging Ternyata Berbahaya!
Riau24.com - Olahraga sangat penting untuk dilakukan dalam kehiduan sehari-hari, supaya bisa mendapatkan tubuh yang sehat, kencang dan tubuh yang langsing. Banyak orang yang melakukan berbagai olahraga agar tubuh tetap sehat, dan banyak tempat olahraga yang terbuka untuk umum.

Jogging atau lari adalah salah satu olahraga favorit dibandingkan dengan olahraga lain. Jogging dianggap parktis karena bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu biaya untuk olahraga ini. Tapi pernah nggak sih kamu berpikir kalau meski lari tergolong olahraga praktis, banyak orang justru nggak sadar soal hal-hal yang nggak boleh dilakukan setelahnya. Berikut 6 hal yang tidak boleh kamu lakukan sehabis jogging.

Simak yuk kalau kamu nggak mau usaha larimu sia-sia!

1.  Habis lari terbitlah lapar.

Nggak sedikit orang yang langsung kalap makan banyak setelah lari, padahal itu nggak baik. Sebenarnya langsung makan setelah jogging dianjurkan selama nggak langsung makan berat apalagi makan berlemak. Karena selain bisa menghambat hilangnya lemak tubuh, makanan berlemak atau olahan punya kadar kalori tinggi yang bikin sulit dicerna dan menghambat proses pemulihan.

2.      Melewatkan pendinginan!

Meski kelihatan sepele nyatanya proses ini punya manfaat penting lho yang malah bisa bahaya kalau kamu lewatkan. Pendinginan sama pentingnya sama pemanasan. Kalau sebelum lari kamu diharuskan melakukan pemanasan, setelah lari pun kamu juga nggak boleh melewatkan pendinginan.

Pendinginan ini adalah masa di mana tubuh yang semula ‘stres’ karena berlari berubah perlahan ke kondisi normal atau semula. Proses ini akan membantu sistem otot dan saraf kembali santai. Sebaliknya, kalau setelah lari kamu malah duduk atau tiduran bukan nggak mungkin otot jadi kaku karena otot masih panas dan denyut jantung masih kencang tapi tubuh justru diam.

3.  Jangan tunda minum.

Namanya olahraga pasti banyak mengeluarkan cairan lewat keringat kan, nah dengan minum air, cairan yang hilang ini akan tergantikan. Makanya setelah jogging jangan sampai kamu malah lupa minum. Biasanya dehidrasi membuat orang merasa lelah dan mudah mengantuk, jadi nggak jarang orang yang setelah lari malah langsung tidur. Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh, minum setelah jogging juga bisa menjaga otak tetap berfungsi optimal dan menyeimbangkan elektrolit tubuh.

4.      Menunda Ganti baju

Baju berkeringat penuh bakteri. Ada juga orang-orang yang sehabis jogging pengennya malah malas-malasan sampai abai buat mandi atau ganti baju. Ini juga nggak kalah buruknya lho. Memakai pakaian penuh keringat dalam waktu lama akan timbulkan kelembaban dan menyebabkan infeksi jamur. Sebelum ganti baju bersih, kamu juga harus mandi lebih dulu. Kebiasaan nggak mandi setelah jogging bisa membuat kulit susah bernapas dan bisa sebabkan gatal-gatal karena bakteri.

5.     Melakukan pekerjaan berat seharian

Jangan lakukan pekerjaan berat setelah jogging. Rutinitas padat yang disertai keinginan buat tetap bisa rajin olahraga nggak jarang membuat orang malah sering kelelahan. Sebaiknya setelah jogging, hindari melakukan pekerjaan berat. Karena kalau kamu memaksa tetap beraktivitas berat, otot yang sudah dalam kondisi lelah justru bisa luka. Sebaliknya, berikan waktu otot untuk istirahat dan memulihkan diri dalam hitungan jam atau hari.

Itu dia guys 5 hal yang nggak boleh kamu lewatkan setelah jogging, kalau kamu nggak pengen usahamu sia-sia. Yuk terapkan mulai sekarang!***

Loading...

Bagikan : #Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Berita News24xx

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru