riau24 PTPN V Gelar Apel Siaga | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Langkah Persiapan Pencegahan Karhutla

PTPN V Gelar Apel Siaga

0
Gedung Direksi PT PN V di Pekanbaru
Berita Riau -  PTPN V Gelar Apel Siaga
Pekanbaru-Riau24.com-Guna melakukan persiapan terhadap pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan bagi kawasan perkebunan di wilayah kerjanya, jajaran direksi PTPN V Pekanbaru, Kamis (17/9/2015) tadi pagi menggelar apel siaga.


"Seluruh Direksi menyempatkan diri untuk melihat kesiapan tim yang beranggotakan karyawan kebun dan pabrik," ungkap  Direktur Utama Amal Bakti Pulungan usai apel siaga.

Direktur SDM/Umum PTPN V Syamsul Rizal Lubis juga membenarkan sampai saat ini, berkat komitmen bersama wilayah kerja terbebas dari kebakaran.
 "Ini hasil komitmen kita bersama sehingga perusahaan dapat terbebas dari potensi kebakaran lahan," sebut Direktur SDM/Umum PTPN V Syamsul Rizal Lubis.

Ia juga menyatakan apresiasi yang dalam pegawainya saat menyambangi Tim Pencegahan dan Penanggulangan Karlahut yang ada di kebun Sei Buatan Siak. “Kepada seluruh karyawan dan manajemen kebun serta pabrik bersama tim, kami mengapresiasi hal ini, dan selanjutnya kondisi bebas api ini harus terus kita pertahankan, dengan tetap sama-sama menjalankan seluruh prosedur pencegahan kebakaran lahan yang telah dimiliki, serta mengantisipasi segala potensi kebakaran yang bisa saja terjadi," tuturnya.

Pada saat berkunjung tersebut, Direksi PTPN V juga menyempatkan untuk memeriksa perlengkapan damkar yang tersedia di unit kebun dan pabrik.
 “Peralatan Damkar ini agar dipelihara dengan baik, sehingga kapan pun pada saatnya dibutuhkan, dapat dimanfaatkan secara optimal," pesan Syamsul lagi.
 
Ia menambahkan, pembentukan tim pencegahan dan penanggulan kebakaran lahan PTPN V merupakan respon tindak lanjut dari nota kesepakatan bersama oleh perusahaan perkebunan dan kehutanan yang ada di Provinsi Riau dengan Pemerintah setempat tentang kesediaan perusahaan dalam mengolah lahan dengan tidak membakar.

Selanjutnya sebut Syamsul anggota tim pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan adalah mereka yang telah mendapatkan pelatihan pemadaman kebakaran lahan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Riau, dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pemadam kebakaran lahan mulai dari mobil tangki air pemadam, pompa, selang nozzle dan peralatan lainnya.

"Memang PTPN V sendiri selama ini dalam upaya penanggulangan kebakaran lahan, telah memiliki regu Damkar yang berada di bawah tim tanggap darurat kebun/pabrik setempat," bebernya.

Syamsul berpesan, kepada Manajemen setempat, untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah disekitar kebun, hingga ke level Desa atau Kelurahan. Agar saat ditemui potensi kebakaran, atau bahkan saat kebakaran itu terjadi di luar areal Kebun PTPN V, tetapi lokasinya memungkinkan untuk ditanggulangi maka segera dilakukan.
 
"Kami perintahkan segera dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan ataupun pemadaman. Harapan tidak ada lagi lahan atau hutan yang terbakar, sehingga bencana asap ini lekas berlalu," pungkasnya. R24/mrd
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru