riau24 Nyatanya Minat Berkurban Menurun Drastis | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Menurut Kadis Peternakan Dan Perikanan Inhu Meningkat,

Nyatanya Minat Berkurban Menurun Drastis

0
Sapi Kurban
Berita Riau -  Nyatanya Minat Berkurban Menurun Drastis
Inhu-Riau24.com-Minat masyrakat untuk berqurban di lebaran idul adha 1436 H dinilai menurun tajam, hal ini diduga karena merosotnya harga sawit sehingga niat masyarakat untuk berqurban menurun hingga 50-40 persen dari tahun sebelumnya.

Hal ini diketahui dari laporan UPT Perternakan dan Perikanan kecamatan pasir penyu dan Lirik bahwa terjadi penurunan jumlah penjualan dibanding tahun 2014 berjumlah 350-400 ekor tetapi tahun 2015 pertanggal (16/9) baru mencapai 120 ekor.

Kepala UPT Perternakan dan Perikanan kecamatan Pasir Penyu dan Lirik, Suyatno saat dikonfirmasi pada hari Jumat (18/9/2015) di ruangkerjanya mengatakan bahwa Untuk tahun 2015 sapi yang ada di pasar ternak hanya 120 ekor, dan pada hari ini baru sekitar 80 ekor yang terjual, bila dibandingkan pada tahun sebelumnya sangat jauh sekali, ditahun sebelumnya, biasanya di hari mendekati hari raya idul Adha seperti ini, di pasar ternak sudah dapat menjual sebanyak 200 ekor lebih.

"Kemerosotan jumlah Qurban mungkin dikarenakan ekonomi sekarang ini yang agak sulit, seperti harga sawit dan karet saat ini kan masih rendah, jadi dapat mempengarui minat masyarakat juga," kata Suyatno.

tahun ini, sapi qurban yang dijual di pasar ternak, rata-rata dibandrol Rp12 juta per ekor.

Pantauan dilapangan dari beberapa pedagang sapi yang ada di Inhu seperti , Warno, Nani, Roni Imang, Hendri, menyatakan bawa tahun 2015 sangat jauh sekali merosotnya bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kemerosotan hewan Qurban tahun 2015 mencapai 50-40 persen sedangkan di tahun sebelumnya saya dapat menjual sapi mencapai 250 ekor, dan tahun ini hanya 150 ekor.

Dua hari sebelumnya Dinas Perternakan dan Perikanan Inhu sempat mengeluarkan pernyataan di media lokal bahwa terjadi peningkatan qurban pada tahun ini.

Saat hal ini dipertanyakan langsung kepada Kadis Perternakan dan Perikanan Inhu, Drs, H Sadar mengatakan, pihaknya mendata untuk qurban tahun 2015 memang meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya, mengenai hewan qurban jenis sapi juga meningkat, dan saat ini banyak yang qurban membeli sapi ke penampung pribadi dengan alasan harga lebih murah dibandingkan membeli di pasar ternak. R24/mrd/toni
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru