riau24 Jubah Ajaib Harry Potter Bisa Sembunyikan Perut Buncit | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Jubah Ajaib Harry Potter Bisa Sembunyikan Perut Buncit

0
Ilmuwan mencoba membuat jubah yang bisa menyembunyikan objek 3D. (Dok. Xiang Zhang/University of California, Berkeley)
Berita Riau -  Jubah Ajaib Harry Potter Bisa Sembunyikan Perut Buncit

Jakarta-Riau24.com -- Pencinta kisah penyihir Harry Potter tentu tak asing dengan jubah ajaib yang tembus pandang dan biasa digunakannya untuk jalan-jalan tanpa terdeteksi. Tim ilmuwan Amerika Serikat mencoba merealisasikan jubah itu menjadi nyata.

Tim ilmuwan dari California mengembangkan jubah yang ultra tipis dan bisa digunakan untuk melapisi objek berbentuk tiga dimensi (3D) menjadi datar alias 2D. The Guardian mewartakan, jubah ajaib ini sudah ditaburi oleh ribuan titik-titik nanoteknologi yang berperan sebagai antena untuk cahaya. 

Saat cahaya menyoroti si jubah, titik-titik nano mengubah gelombang cahaya yang terpantul sedemikian rupa agar mengelabui tampilan objek menjadi datar. “Ini pertama kalinya kami membuat perangkat yang bisa menyembunyikan bentuk objek secara suka-suka. Jika Anda ingin menyembunyikan orang, ini adalah cara baru,” ujar Xiang Zhang, salah satu ilmuwan yang menciptakan jubah ajaib dari University of California, Berkeley.

Hal yang perlu digarisbawahi, jubah ini tidak betul-betul bisa melenyapkan seseorang dari pandangan mata, namun membuat bentuk objek menjadi datar bila dilihat dari depan dan rentang terbatas dari gelombang optik.

Jubah ajaib hasil ciptaan tim Zhang ini juga diklaim sejauh ini telah sukses menyembunyikan objek-objek kecil. Ia lantas optimis bahwa terobosan baru dari jubah ajaib ini bisa terus berlanjut di masa depan, khususnya untuk urusan penampilan.

“Anda bisa bayangkan jika seseorang punya perut gendut seperti saya dan ingin terlihat tetap keren, tinggal pakai lapisan jubah ini dan saya pun bisa memiliki perut six pack dalam sekejap,” ucap Zhang.

Selain itu, ia memperkirakan bahwa versi jubah di masa depan akan terbuat dari lapisan tipis nan fleksibel dan bisa berfungsi untuk menutupi cedera atau luka di muka.

R24/noe/cnnindonesia 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru