riau24 Bersiap Hadapi Serangan Korut, Militer AS Kirim Tiga Pesawat Pembom dan 200 Tentara ke Guam | Berita Riau
Selasa, 16 Oktober 2018

Konflik AS- Korut

Bersiap Hadapi Serangan Korut, Militer AS Kirim Tiga Pesawat Pembom dan 200 Tentara ke Guam

0
Pesawat pembom B-2 Spirit
Berita Riau -  Bersiap Hadapi Serangan Korut, Militer AS Kirim Tiga Pesawat Pembom dan 200 Tentara ke Guam
Riau24.com- WASHINGTON -  Amerika Serikat (AS) terus memperkuat kekuatan militernya di Pangkalan Udara Andersen di Guam. Hal ini ditandai dengan pengerahan tiga pesawat pembom (bomber) B-2 Spirit ke pangkalan tersebut. Sebanyak 200 awak pesawat juga dikerahkan di sana.

Pengerahan tiga pesawat pembom B-2 Spirit itu telah dikonfirmasi Pasukan Udara Pasifik (PAF) dalam situs resminya, Jumat (12/1/2018). Ketiga pesawat pembom dan ratusan awak itu dikerahkan dari Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri.

Langkah militer Washington ini terjadi di tengah ketegangan antara AS dan Korea Utara (Korut), di mana pada Oktober lalu rezim Kim Jong-un mengancam akan menyerang wilayah Guam dengan peluru kendali (rudal) balistik.

Sebelumnya, pada Agustus 2017 rezim Kim Jong-un juga membuat ancaman serupa, namun dibatalkan.

Menurut PAF, langkah militer tersebut bertujuan untuk mendukung misi “Bomber Assurance and Deterrence” Komando Pasifik AS. 

”(Pesawat) pembom strategis AS secara teratur memutar melalui wilayah Indo-Pasifik untuk melakukan operasi udara yang dipimpin PACOM (Komando Pasifik,” tulis PAF di situsnya seperti dilansir Sindonews, Jumat (12/1/18).

Pasukan Udara Pasifik AS tersebut tidak menjelaskan berapa lama ketiga pesawat pembom B-2 Spirit dan ratusan awak pesawat tersebut ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udar Andersen, Guam.

B-2 merupakan satu pesawat pembom utama milik militer AS. Dua pesawat pembom andalan Pentagon lainnya adalah pesawat B-1B Lancer dan B-52 Stratofortress.


”Selama penempatan jangka pendek ini, B-2 akan melakukan latihan lokal dan regional dan akan mengintegrasikan kemampuan dengan sekutu utama regional, memastikan awak bomber menjaga kesiapan dan kemampuan siaga tinggi,” jelas PAF seperti dilansir Sindonews, Jumat (12/1/18).

Beberapa minggu yang lalu, AS mengadakan latihan dengan Jepang di daerah selatan semenanjung Korea, menggunakan pesawat yang ditempatkan di Guam dan Jepang. Pesawat AS yang terlibat dalam latihan tersebut termasuk pesawat pembom B-1, pesawat tempur siluman F-35 dan jet tempur F-18.***

R24/bara
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru