riau24 Pahala Besar Menraktir Orang Lain | Berita Riau
Selasa, 16 Oktober 2018

Kajian Islam

Pahala Besar Menraktir Orang Lain

0
Ustaz Khalid Basalamah
Berita Riau -  Pahala Besar Menraktir Orang Lain
Riau24.com- Berilah makan kepada yang lapar. Namun memberi makan tentu boleh kepada siapapun, kepada yang lapar maupun tidak lapar. Memberikan makanan kepada yang lapar, tentu lebih besar pahalanya, dan bagian daripada ibadah.

Ustaz Khalid Basalamah dalam kajiannya mengatakan, Nabi bersabda, "Sesungguhnya orang terbaik diantara kalian adalah orang yang memberi makan". (HR. lbnu Sa’ad, AIHakim, Ath-Thobroni).

Diriwayatkan, bahwa seorang laki-Iaki bertanya kepada Rasulullah. "Perbuatan apa yang terbaik di dalam agama Islam? Maka Rasul menjawab, Yaitu kamu memberi makan kepada orang lain, dan kamu mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal." (HR. Bukhari: 12 dan Muslim: 39)

Nabi bersabda, "Sesungguhnya di surga terdapat kamarkamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya." Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasulullah?"

Nabi menjawab, "Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR. Tirmidzi: 1984).

Nabi bersabda, "Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orangorang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat." (HR. Tirmidzi. ad-Darimi, lbnu Majah, al-Hakim, Ahmad dan lbnu Abi Syaibah).

Nabi bersabda, "Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin, sehingga dapat mengenyangkannya dari kelaparan, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain kecuali oleh orang-orang sepertinya." (HR. Thabrani).

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru